Informasi Penting

Iklan

Cara Menjaga Kesehatan Telinga yang Tepat

SALURANINFORMASI.COM - Telinga adalah panca indera penting yang digunakan untuk mendengarkan suara. Semakin bertambah usia Anda, maka kemampuan telinga untuk mendengarkan juga akan semakin berkurang. Hal tersebut sama dengan panca indera lainnya, termasuk mata yang akan semakin menurun seiring bertambahnya usia. Agar telinga selalu sehat dan bekerja dengan baik, maka Anda harus menjaganya dengan baik. Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan telinga yang bisa Anda ikuti:

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Bersihkan Telinga dengan Benar

Kesalahan yang sering dilakukan seseorang ketika akan membersihkan telinga adalah menggunakan cotton bud. Anda sama sekali tidak dianjurkan menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga karena cotton bud berisiko mendorong kotoran lebih masuk ke dalam. Membersihkan telinga yang benar yaitu dengan meminta bantuan dokter. Pasalnya dokter memiliki alat khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan telinga dengan aman.

Lindungi Telinga dari Suara yang Terlalu Keras

Cara menjaga kesehatan telinga selanjutnya yaitu dengan melindungi telinga dari suara-suara yang terlalu keras. Perlu Anda ketahui bahwa telinga memiliki kapasitas untuk mendengarkan suara. Jika terlalu sering mendengarkan suara keras maka kemampuannya bisa berkurang. Gunakan pelindung telinga jika Anda bekerja di tempat yang penuh dengan suara keras.

Pastikan Telinga Tetap Kering

Kelembaban telinga harus selalu dijaga agar tidak ada bakteri yang tumbuh di dalamnya. Apabila bakteri berkembang dengan cepat maka akan menyebabkan infeksi dan iritasi pada telinga. Penyumbat telinga sangat dianjurkan bagi Anda yang sering melakukan olahraga renang. Jangan lupa selalu mengeringkan telinga setelah mandi atau melakukan aktivitas lain yang membuat telinga basah.

Lakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Gangguan pendengaran bisa berkembang secara bertahap sehingga terkadang tidak disadari oleh penderitanya. Sebaiknya lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui secara pasti kesehatan telinga Anda. Pemeriksaan ini juga bisa sekaligus untuk menghilangkan kotoran di telinga.

Itulah cara menjaga kesehatan telinga yang harus Anda ikuti. Pastikan Anda melakukan berbagai hal di atas dengan baik agar telinga selalu sehat. Dengan telinga yang sehat maka pendengaran juga akan semakin baik. Semoga informasi yang diberikan di atas bisa membantu Anda untuk mendapatkan telinga dan pendengaran yang sehat.

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments