Informasi Penting

Iklan

Inilah Penyebab Obesitas yang Perlu Diwaspadai

SALURANINFORMASI.COM - Obesitas merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh. Gangguan kesehatan ini dikatakan berbahaya karena bisa memicu berbagai penyakit serius seperti stroke, jantung, dan diabetes. Anda perlu mengetahui penyebab obesitas agar bisa menurunkan risikonya. Langsung saja, berikut ini adalah penyebabnya:

Penyebab Obesitas

Genetik

Faktor risiko obesitas yang pertama adalah genetik atau keturunan. Jika orang tua menderita obesitas maka risiko anak untuk menderita obesitas lebih tinggi dibandingkan mereka yang memiliki orang tua dengan berat badan normal. Pasalnya susunan genetik berpengaruh pada berat badan.

Pola Makan Tidak Sehat

Asupan kalori yang dikonsumsi tubuh akan berdampak pada berat badan seseorang. Jika Anda mengonsumsi kalori lebih banyak dibandingkan yang dibakar maka berat badan pasti akan bertambah. Kebiasaan buruk yang bisa menambah berat badan yaitu kurang makan sayur dan buah, sering makan makanan berlemak, tidak sarapan, minum minuman manis, porsi makan terlalu banyak, dan sering mengonsumsi fast food.

Kurang Berolahraga

Pola makan yang kurang sehat ditambah dengan tidak adanya aktivitas olahraga maka berat badan akan semakin bertambah. Fungsi olahraga atau aktivitas yang banyak bergerak yaitu membakar kalori yang didapatkan dari makanan. Jika kalori tidak terbakar sepenuhnya maka akan menumpuk dan menjadi lemak di tubuh.

Stres

Stres ternyata juga menjadi salah satu penyebab obesitas yang terjadi pada seseorang. Orang yang mengalami stres biasanya sulit untuk menjaga pola makan sehat. Mereka akan melampiaskan emosi dengan makan makanan yang didominasi berkalori tinggi. Karena tidak ada aktivitas fisik, maka hal tersebut akan memicu kenaikan berat badan.

Usia

Obesitas memang bisa terjadi kepada siapa saja. Namun pertambahan usia seseorang juga menjadi salah satu faktor risiko penyebabnya. Pasalnya orang yang semakin tua biasanya tidak banyak melakukan aktivitas fisik dan olahraga.

Lingkungan

Lingkungan dinilai menjadi salah satu faktor seseorang memiliki kebiasaan makan dan aktivitas fisik yang buruk. Oleh sebab itu, lingkungan juga menjadi salah satu faktor risiko terjadinya obesitas. Misalnya saja orang yang tinggal dekat restoran cepat saji cenderung memiliki pola makan yang kurang sehat dibandingkan mereka yang tinggal jauh dari akses-akses sejenis.

Itulah beberapa penyebab obesitas yang perlu Anda ketahui. Agar terhindar dari obesitas maka Anda harus selalu menjaga berat badan tetap berada pada rentang normal. Selalu olahraga dan makan makanan yang bergizi mampu membantu menurunkan risiko obesitas. Jangan lupa juga untuk kelola stres dan banyak beristirahat.

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments