Follow us on Blogger or Google News

Jenis Cek dan Keuntungan Menggunakan Cek

Berikut 7 Jenis Cek dan Keuntungan Menggunakannya

Apakah Anda memiliki rekening bank? Jika Ya, maka Anda pasti pernah melihat banyak jenis cek berguna. Cek adalah dokumen penting yang digunakan individu, pemerintah perusahaan, dan lainnya untuk bertransaksi bisnis mereka. 

Jenis Cek dan Keuntungan Menggunakan Cek
Jenis Cek dan Keuntungan Menggunakan Cek

Ada berbagai jenis cek yang digunakan dalam sistem perbankan kita yang memiliki protokol tertentu yang perlu kita ikuti saat menulis cek. Misalnya, penimpaan pada cek tidak diperbolehkan.

Berikut 7 Jenis Cek dan Keuntungan Menggunakannya

1. Cek pembawa

Ini juga dikenal sebagai cek terbuka atau cek yang tidak disilang. Cek ini dapat ditransfer hanya dengan pengiriman dan tidak memerlukan pengesahan. Cek tersebut dapat dinegosiasikan sejak tanggal penerbitan hingga tiga bulan. 

Ternyata basi setelah selesai tiga bulan dan perlu divalidasi ulang sebelum disajikan ke bank. Namun, jenis cek ini sangat berisiko dan sekali salah tempat dapat mengakibatkan hilangnya jumlah yang tercantum dalam cek.

2. Cek Sendiri

Itu datang di bawah cek pembawa di mana alih-alih menulis nama, pemegang rekening menulis "self" untuk menerima uang secara fisik dari cabang tempat dia memegang rekening tersebut.

3. Cek Penerima Pembayaran Rekening

Cek atas unjuk menjadi cek penerima pembayaran dengan menulis “Penerima Pembayaran Rekening” atau menyilangkannya dua kali dengan dua garis sejajar di pojok kiri atas.

Jumlah tersebut akan ditransfer ke rekening orang yang ditentukan pada cek. Ini dianggap sebagai jenis cek yang paling aman dan juga dikenal sebagai cek silang.

4. Post tanggal cek

Ini adalah jenis cek penerima pembayaran silang atau rekening tetapi diundur untuk memenuhi kewajiban di masa mendatang. Ini berlaku sejak tanggal penerbitan hingga tiga bulan.

5.  Cek bankir

Cek semacam itu dikeluarkan oleh bank itu sendiri dan menjamin pembayaran.

6. Cek perjalanan

Anda dapat menggunakan cek tersebut untuk penarikan uang saat bepergian. Ini sama dengan membawa uang tunai tetapi Anda dapat bepergian dengan aman tanpa membawa uang dalam jumlah besar. Cek ini dapat dicairkan di luar negeri di mana mata uang asing biasanya dapat diterima.

7. Pemeriksaan silang

Jika kita menyilangkan cek pembawa dua kali dengan dua garis sejajar di sudut kiri atas, itu menjadi cek silang. Hanya nama yang tertulis di atasnya yang bisa mendapatkan jumlah yang ditransfer ke rekeningnya. Dengan semakin populernya penggunaan net banking dan ATM, jenis cek silang secara bertahap menjadi usang.

Cek adalah bentuk yang sangat umum dari instrumen yang dapat dinegosiasikan. Anda memerlukan rekening bank tabungan atau rekening giro di bank, untuk mengeluarkan cek atas nama Anda sendiri atau untuk kepentingan orang lain.

Cek adalah dokumen yang memastikan pembayaran sejumlah uang tertentu sesuai permintaan kepada individu tertentu atau pembawa instrumen. Ini adalah formulir cetak yang dapat Anda gunakan untuk melakukan pembayaran dari rekening bank Anda. 

Ketika Anda menulis cek, Anda memasukkan jumlah uang yang ingin Anda kirim ke orang tersebut dan kepada siapa Anda harus membayar, tandatangani dan serahkan kepada orang yang ingin Anda bayar. Bank Anda kemudian membayar uang tersebut kepada orang tersebut (penerima pembayaran) dari rekening Anda.

Ini adalah salah satu cara pembayaran yang paling aman dan nyaman dan ditransfer hanya dengan pengiriman. Salah satu keuntungan dari jenis cek adalah Anda dapat mentransfer transaksi bernilai tinggi tanpa kerumitan yang akan sangat sulit jika digunakan uang tunai.

Jenis Cek dan Keuntungan Menggunakan Cek

Posting Komentar

Jenis Cek dan Keuntungan Menggunakan Cek

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.

Komentar Terbaru