Follow us on Blogger or Google News

Cara Menjaga Kesehatan Bayi

Cara Menjaga Kesehatan Bayi

Alhamdulillah! Sang Buah Hati yang sudah lama dinantikan akhirnya lahir ke dunia, suara tangisannya membuat semangat hidup ini. Aan tetapi, sebagai orang tua, atu mungkin Anda belum mengetahui bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Bayi agar buah tetep sehat. Mengingat terdapat banyak kuman, bakteri, dan penyakit jahat lainnya di lingkungan sekitar yang bisa menginfeksi bayi. Oleh sebab itu, penting bagi kita orang tua untuk memahami beberapa hal dasar dan sangat penting dalam menjaga kesehatan bayi.

cara menjaga kesehatan bayi

Pentingnya Menjaga Kesehatan Bayi

Sistem imun bayi yang baru lahir masih berkembang. Jadi, bayi berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi serius akibat penyakit. Kuman dan bakteri yang tidak berbahaya bagi orang dewasa, bisa menjadi sangat serius bagi bayi.

Selain itu, anggota keluarga, teman-teman, bahkan orang asing yang tertarik untuk menyentuh dan menggendong bayi yang baru lahir, bisa membuat bayi terpapar lebih banyak kuman dan virus daripada yang biasanya dialami ketika hanya berada dengan orangtuanya.

 

Cara Menjaga Kesehatan Bayi

Berikut ini cara yang bisa dilakukan orangtua untuk menjaga kesehatan bayi yang baru lahir:

 

1.    Vaksinasi

Bukan hanya bayi saja yang perlu memperoleh vaksin, akan tetapi orang-orang dewasa yang berada di sekitarnya juga perlu divaksin. Bayi baru lahir hanya akan menerima vaksinasi hepatitis B saat lahir, dan sisanya diberikan pada jarak waktu tertentu selama 4 tahun pertama semenjak kelahiran.

Itulah alasan kenapa semua orang dewasa yang berada di dekat bayi, seperti pengasuh dan keluarga perlu memperoleh vaksin sesuai yang dianjurkan dokter agar tidak menularkan virus penyakit pada bayi.

2.    Kenakan Pakaian yang Tepat pada Bayi

Pastikan bayi berpakaian hangat, yang mungkin sedikit lebih hangat dari ibu. Namun, hindari juga memakaikannya berlapis-lapis, karena akan membuat bayi kepanasan dan terlalu banyak mengeluarkan keringat yang bisa mengakibatkan dehidrasi dan meningkatkan risikonya untuk jatuh sakit.

3.   Biasakan Orang Rumah Rajin Mencuci Tangan

Mintalah anggota keluarga, teman dan siapapun yang menjenguk ke rumah agar mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun antibakteri dan air sebelum menggendong bayi. Pasalnya, mereka bisa saja menularkan atau menyebarkan kuman berbahaya walaupun mereka tidak terlihat sakit.

4.    Pemberian ASI Eksklusif Dianjurkan, tapi Bukan Satu-satunya Pilihan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan agar Air Susu Ibu (ASI) menjadi makanan utama untuk bayi hingga usia 6 bulan bila memungkinkan. ASI bisa mendukung kesehatan bayi, memberikan bayi antibodi dari ibu dan memiliki tingkat kekebalan yang lebih tinggi.

Akan tetapi, tidak semua ibu bisa memberikan ASI eksklusif pada bayinya karena memiliki kondisi tertentu. Meskipun tidak ada perdebatan mengenai pemberian susu formula pada bayi, ibu dianjurkan untuk membicarakannya pada dokter mengenai makanan apa yang tepat bagi bayi.

5.   Bimbing Anak untuk Menerapkan Praktik Kebersihan

Ajari anak yang lebih tua dan setiap anak yang berkunjung untuk melakukan praktik kebersihan dasar, seperti mencuci tangan sebelum menggendong bayi, menutupi mulut dan hidung saat batuk dan bersin, serta membuang tisu setelah membuang ingus.

6.   Pastikan Bayi Terhidrasi dengan Baik

Perhatikan kadar hidrasi bayi. Hidrasi bisa mendukung kerja selaput lendir dan saluran pernapasan, yang penting untuk kesehatan bayi. Berikan ASI atau susu formula secara teratur agar bayi tetap terhidrasi dengan baik. Pedoman umum menganjurkan agar bayi setidaknya membasahi 4-6 popok sehari.

7.   Hindari Mengenakan Sepatu di dalam Rumah

Mintalah setiap orang di rumah untuk melepas sepatu mereka sebelum masuk ke dalam rumah. Sepatu membawa kotoran, racun, dan polusi dari luar, dan bayi yang sudah bisa merangkak bisa terpapar racun tersebut di lantai.

Bahkan sekalipun bayi belum bisa merangkak, ketika ibu membaringkan bayi di lantai untuk waktu latihan tengkurap atau bermain, ia bisa terkena kuman dari lantai. Jadi, penting untuk menjaga kebersihan lantai.

Bersihkan Gigi Bayi

Kebersihan gigi yang baik bisa mendukung kesehatan yang baik. Hal itu juga berlaku bagi bayi. Karena itu, penting bagi orangtua untuk mulai menyikat gigi bayi segera setelah giginya mulai tumbuh.

 

Itulah cara menjaga kesehatan bayi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi ini bisa bermanfaat buat anda khususnya para Ibu yang baru memiliki bayi. Dan semoga bayi kita selalu sehat dan terhindar dari segala penyakit sehingga bisa tumbuh dengan normal dan sehat. Sekali lagi kami ucapkan selamat untuk kelahiran bayi nya..

Cara Menjaga Kesehatan Bayi

1 komentar

Cara Menjaga Kesehatan Bayi

  1. Admin@technologydevelopment.info
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.

Komentar Terbaru