Informasi Penting

Iklan

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Glowing dan Awet Muda

SALURANINFORMASI.COM - Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh seseorang, ia hadir untuk melindungi seluruh organ tubuh manusia dari berbagai hal yang dapat membahayakan organ-organ yang ada di bawahnya. Menurut para ahli kesehatan, kulit pada manusia memiliki fungsi sebagai berikut:

Cara Menjaga Kesehatan

Sebagai perlindungan bagi tubuh dari benda asing (seperti debu dan kotoran) atau pun kuman yang dapat menjadi penyebab masalah bagi kesehatan tubuh seseorang.

Menstabilkan dan menjaga keseimbangan suhu dalam dan luar tubuh

Sebagai tempat penyimpanan bagi lemak yang berfungsi sebagai zat pembantu untuk menangkap sari vitamin D dari sinar matahari.

Sebagai titik pusat pertama indera manusia, yaitu dari indera perasa, hal ini karena dikulitlah ujung syaraf manusia berada.

Sebagai titik utama nilai estetika (keindahan) pada tubuh seseorang, hal ini karena penilaian ganteng, cantik, rupawan, dan lain sebagainya semua berawal dari kulit.

Dengan uraian fungsi kulit di atas, sobat pastinya akan merasakan betapa pentingnya menjaga kesehatan dan keindahan kulit, bahkan seringkali biaya dan perawatan mahal tidak menjadi kendala demi mendapatkan nilai keindahan dari indera yang satu ini.

Nah, bagaimanakah cara menjaga agar kulit tetap sehat, indah, dan glowing guna untuk mendukung penampilan dan meningkatkan rasa percaya diri sobat? Berikut ini uraian selengkapnya:

1. Gunakan cream perlindungan kulit dari sinar matahari (cream sunblock)

Cream perlindungan dari sinar matahari atau yang lebih dikenal dengan krim sunblock sudah sangat banyak beredar dan mudah sobat temui di pasaran. Fungsi utama dari cream sunblock dari berbagai merk tersebut sebenarnya sama, yaitu untuk mencegah berbagai masalah kulit yang timbul dari pancaran langsung sinar matahari dalam aktivitas sehari-hari sobat.

Mengapa harus melindungi diri dengan krim sunblock dari sinar matahari? jawabannya adalah karena menurut para ahli bahwa 80% masalah penuaan kulit disebabkan oleh paparan sinar matahari langsung ke permukaan kulit. Disinilah fungsi utama krim sunblock, yaitu untuk meminimalisir dampak sinar matahari pada kulit sobat.

Kandungan utama yang terdapat pada setiap krim sunblock adalah kandungan SPF, yaitu sebuah formula khusus kulit yang melindungi kulit wajah dan bagian tubuh lainnya dari berbagai masalah kulit yang terdampak sinar matahari langsung. Sebelum sobat keluar dari rumah ke tempat kuliah atau kerja, gunakanlah selalu krim sunblock yang mengandung SPF 15 atau dengan SPF yang lebih besar, agar semua dampak pancaran sinar matahari pada kulit bisa diminimalisir.   

2. Pilihlah produk perlindungan kulit (skincare) yang cocok untuk kulit

Jika sobat terbiasa menggunakan produk pelindung kulit (skincare), gunakanlah produk skin care yang cocok untuk kulit sobat –ditandai dengan tidak munculnya masalah baru pada kulit-, yang juga mengandung formula-formula khusus untuk kesehatan kulit, seperti anti oksidan, sari teh hijau, vitamin C, retinol, peptida, asam alfa hidroksi, dan niacinamide. Kelima formula ini sangatlah bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, sebagaimana yang direkomendasikan oleh dr.Shamban, seorang ahli kesehatan kulit dari ABC Extreme Makeover.

3. Gunakanlah krim khusus untuk menjaga kesehatan mata dan bibir

Seorang pakar kesehatan dan kecantikan kulit dr.Dakar –dokter kecantikan kulit pribadi dari seorang selebiriti Amerika bernama Gwyneth Paltrow- menyatakan bahwa bagian mata dan wilayah bibir pada wajah seseorang merupakan bagian yang tidak memiliki kelenjar minyak, hal inilah yang menyebabkan mengapa kerutan penuaan selalu bermula dari wilayah mata dan bibir. Inilah alasan utamanya mengapa para wanita sangat disarankan untuk memakai krim khusus mata, sebuah krim yang diformulasikan khusus untuk mencegah tanda penuaan di bagian tersebut.

4. Selalu bersihkan wajah dari sisa-sisa rias pada malam hari

Seorang ahli kecantikan  Sonya Dakar menyatakan bahwa membiarkan wajah begitu saja di malam hari setelah berhias tanpa membersihkannya dengan baik dapat merusak kolagen kulit yang juga akan menjadi salah satu penyebab penuaan dini wajah sobat.

Membersihkan wajah dari sis arias sebelum tidur tidak hanya baik untuk kulit, tetap juga sangat akan membantu bahan perawatan kulit lainnya untuk bekerja secara optimal, khususnya bahan perawatan kecantikan yang digunakan sebelum tidur.

Jika sobat terlalu lelah untuk melakukan cuci muka, maka setidaknya pakailah produk pembersih wajah yang tidak perlu lagi dibilas dengan air, atau dapat pula dengan menggunakan tisu yang khusus untuk membersihkan wajah.

5. Hindari makanan yang menyebabkan alergi pada kulit

Alergi adalah sebuah kondisi dimana permukaan kulit sobat muncul tanda kemerahan yang terasa sangat gatal, dan akhirnya menjadi luka pada kulit. Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang alergi, dan salah satunya adalah bahan makanan tertentu.

Alergi makanan tertentu biasanya sering terjadi sejak lama, dan sobat pasti sudah mengetahuinya sendiri berdasarkan pengalaman. Berikut ini adalah bahan makanan yang biasanya menyebabkan alergi pada kulit, meskipun terjadinya berbeda-beda pada setiap orang –bahan makanan yang membuat alergi seseorang, belum tentu menyebabkan alergi pula pada orang lain-. Bahan-bahan makanan tersebut adalah:

Makanan yang bersumber dari laut (kepiting, udang, kerang,dll)

Kacang-kacangan khususnya kacang tanah, dan kacang pohon (mete, almond, pinus, kenari)

Telur dan segala jenis olahannya

susu sapi dengan segala bentuk produk olahannya

 

 

 

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments