Informasi Penting

Iklan

Tak Terampuni, 5 Dosa Besar Ini Wajib Dihindari!

Manusia merupakan makhluk yang tidak bisa lepas dari dosa. Ada banyak kekhilafan yang bisa dilakukan oleh manusia saat menjalani hidup. Allah SWT adalah tuhan yang maha pengasih dan pengampun. Meskipun manusia banyak melakukan kesalahan, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa para hambanya. Akan tetapi ada beberapa dosa besar yang tak terampuni meskipun Anda sudah memohon ampun. Berikut ini dosa-dosa besar yang wajib dihindari tersebut:

Syirik

Semua muslim seharusnya sudah tahu bahwa syirik atau menyekutukan Allah SWT merupakan dosa yang tak terampuni. Allah SWT adalah satu-satunya dzat yang patut disembah oleh manusia. Menyembah makhluk atau benda yang diciptakan Allah SWT tentu saja sebuah dosa besar. Dosa syirik terdapat pada Quran Surat An Nisa’ ayat 116.

Sihir

Sihir menjadi dosa besar yang terampuni selanjutnya. Pasalnya sihir dilakukan dengan bantuan setan. Dan mereka yang melakukan sihir merupakan bagian dari golongan kafir. Dalam Quran Surat Al-Baqarah ayat 102, Allah SWT berfirman mengenai dosa sihir.

Memakan Harta Anak-anak Yatim

Anak yatim merupakan salah satu golongan yang berhak mendapatkan sedekah atau zakat. Memakan harta anak yatim menjadi perbuatan yang sangat zalim. Allah SWT tidak mengampuni orang-orang yang dengan batil memakan hak atau harta anak-anak yatim. Quran Surat An-Nisa’ ayat 2 dan ayat 10 menjelaskan mengenai hal tersebut.

Meninggalkan Medan Perang

Berjihad di jalan Allah SWT merupakan salah satu amalan yang sangat mulia. Sebaliknya meninggalkan medang perang atau jihad merupakan dosa besar. Banyak ulama sepakat mengenai hal tersebut. Quran Surat Al-Anfal ayat 15-16 juga menjelaskannya.

Riba

Dosa tak terampuni yang terakhir dalam pembahasan ini adalah riba. Banyak perbuatan yang bisa menimbulkan riba. Firman Allah SWT mengenai dosa riba terdapat pada Quran Surat Al-Baqarah ayat 275.

Itulah 5 dosa besar yang wajib kita hindari. Meskipun begitu, kita wajib menjadi manusia yang taat kepada Allah SWT. Tidak hanya dosa-dosa besar di atas saja, kita juga harus berusaha dengan baik meninggalkan dosa-dosa lainnya. Semoga kita menjadi manusia yang bisa mendapatkan pengampunan Allah SWT.

Baca Juga:
Newest
You are reading the newest post
Show comments