Informasi Penting

Iklan

SALURANINFORMASI.COM - Kesehatan merupakan salah satu hal yang paling berharga  dalam kehidupan seseorang, tanpanya semua hal yang dimiliki dari harta dan jabatan menjadi tidak berarti apa-apa. Inilah alasan utama mengapa seseorang perlu mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh, agar dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari dengan baik dan lancar.

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh, agar tubuh tetap sehat dan fit beraktivitas. Simak uraiannya berikut ini:

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

1. Berolahraga secara teratur

Dengan padatnya aktivitas setiap minggunya di kantor dan tempat kerja lainnya, terkadang seseorang menjadi tidak punya waktu untuk berolahraga sedikit pun. Hal itu terus berlanjut dari hari ke hari bahkan dari bulan ke bulan, yang menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh dan menjadikan tubuh sangat rentan dengan serangan berbagai macam penyakit. Itulah yang terjadi pada sebagian besar kalangan penduduk di kota-kota besar di Negara +62 ini.

Padahal, seluruh pakar kesehatan sepakat bahwa olahraga secara teratur dan juga aktivitas fisik lainnya memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh dari hari ke hari. Tidak perlu olahraga yang berat dan menguras energy untuk menjadi sehat, sobat hanya perlu melakukan beberapa aktivitas fisik ringan dengan rutin –misalnya seminggu 2 kali- yang dapat dilakukan di dalam rumah atau pun di halaman rumah sobat.

Ada beberapa bentuk olahraga yang bisa sobat lakukan di rumah, yaitu:

Senam

jogging

angkat benda-benda berat

senam

lari di tempat

push up

jalan mengelilingi rumah beberapa putaran

lari keliling komplek rumah

2. Memastikan makanan sehat sebagai konsumsi utama sehari-hari

Beberapa waktu yang lalu, sebuah penelitian yang dikutip oleh US National Library of Medicine menyebutkan bahwa tidak kurang dari 80% sel yang berperan untuk menjaga daya tahan tubuh manusia berada pada sistem pencernaan. Hal ini berarti bahwa makanan sehat yang dikonsumsi sehari-hari berperan sangat penting dalam mewujudkan tubuh yang sehat. Sebaliknya, konsumsi makanan yang kurang sehat dan sembarangan, dapat mempengaruhi tingkat daya tahan tubuh dan kesehatan seseorang.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang perlu sobat ketahui dan konsumsi sehari-hari, yaitu:

Beras (nasi)

nasi jagung (biasanya terbuat dari jagung yang digiling halus)

sagu (populer di Indonesia timur dan Indonesia tengah)

Ubi-ubian (singkong, ubi jalar, dan lain-lain)

Gandum (konsumsi di Negara-negara timur tengah)

Sayur-sayuran hijau alami

Sumber protein hewani (ikan, ayam, kambing, sapi) dengan pengolahan yang sehat dan tidak mengandung minyak berlebih

Berbagai jenis buah-buahan segar yang masak secara alami (pisang, apel, semangka, pepaya, dan lain-lain)

Susu murni dari (sapi, kedelai, susu kambing, kuda, dan kacang-kacangan)

Selain makanan sehat di atas, sobat perlu juga mengetahui mengenai berbagai makanan yang kurang sehat dan kurang baik dikonsumsi secara berlebihan setiap hari, yaitu:

aneka macam goreng-gorengan

makanan cepat saji kemasan kaleng atau pun bungkus

aneka macam asinan (makanan ringan dengan kandungan garam yang tinggi)

Olahan daging kemasan ataupun bagian daging berlemak tinggi seperti jeroan

Keju yang sudah diolah dan disajikan sebagai makanan ringan, misalnya kue-kuean

makanan instan kemasan seperti mie instan

makanan dengan gula berlebih seperti minum-minuman segar kemasan gelas dan botol.

3. Menenangkan pikiran dan menghindari stress

Keadaan pikiran ternyata juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan, dan hal ini sering kali pula tidak disadari oleh sebagian orang. Seseorang yang pikirannya selalu senang dan tenang akan memiliki tingkat kesehatan dan daya tahan tubuh yang lebih tinggi daripada seseorang yang pikirannya selalu tidak tenang dan selalu tegang. Hal ini mengandung pelajaran bahwa berhibur diri dan menenangkan perasaan juga perlu menjadi agenda harian yang tidak boleh disepelekan, khususnya saat mengalami hal-hal yang cukup membuat tertekan dalam pekerjaan sehari-hari.

Ada beberapa hal yang bisa sobat lakukan untuk menghibur diri secara sehat, yaitu menonton film kesukaan, mendengarkan musik, bermain bersama anggota keluarga, atau melakukan hal-hal yang menjadi hobi dan minat sobat pada hari-hari libur.

4. Memastikan bahwa tubuh dan lingkungan sekitar rumah terjaga kebersihannya

Kebersihan merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan saat sobat ingin menjaga kesehatan tubuh, khususnya kebersihan yang berkaitan dengan tubuh, lingkungan dalam rumah, dan juga lingkungan sekitar rumah. Demikian pula kebersihan tubuh pada semua anggota keluarga, semuanya berkaitan erat dan saling mempengaruhi satu sama lain. Sebab, suatu penyakit yang mengenai satu orang anggota keluarga, akan sangat tinggi potensi penyebarannya kepada anggota keluarga yang lain. Hal ini berarti bahwa budaya hidup sehat perlu menjadi sebuah kebiasaan yang perlu dibangun dan dilatih pada semua anggota keluarga sobat tercinta.

  

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post
Show comments