Informasi Penting

Iklan

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh | Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan Alami

SALURANINFORMASI.COM - Kacang kedelai itulah namanya, kacang yang sering kali hadir di sekitar sobat dengan bentuk tahu dan tempe ini memiliki kandungan gizi yang sangat besar dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kacang-kacangan yang satu ini mengandung protein dengan jumlah yang sangat tinggi, serat yang sangat baik, dan juga dilengkapi dengan terkandungnya asam lemak esensial yang hadir dengan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Susu Kedelai

Berikut ini, akan dibahas mengenai beberapa manfaat susu kedelai bagi kesehatan tubuh, apa saja kegunaan dan khasiatnya? simak penjelasannya berikut ini!

1. Menurunkan resiko kolesterol dalam pembuluh darah

Salah satu kandungan yang terdapat dalam kedelai adalah sebuah kandungan yang bernama profil lipid, yaitu sebuah kandungan yang akan bekerja untuk menghambat terbentuknya kolesterol di dalam darah. Jika dikonsumsi secara rutin dan teratur, susu kedelai dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat pada pembuluh darah, yang akan menyebabkan sobat dan keluarga terhindar dari resiko serangan penyakit jantung dan juga hypertensi atau darah tinggi.

Hal utama yang menjadi penyebab tingginya kolesterol dalam darah dan pembulu darah adalah gaya dan cara hidup yang tidak memperhatikan faktor kesehatan. Ada banyak kebiasaan yang secara tidak sadar menyebabkan tingginya kolesterol, contohnya yaitu banyak mengkonsumsi makanan berminyak seperti goreng-gorengan, susu full cream, jeroan, kulit ayam, serta kebiasaan merokok dan jarang berolahraga.

2. Membantu Mencegah resiko penyakit Kanker Prostat

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang terjadi pada seorang laki-laki dan menyerang kelenjar prostat. Prostat sendiri merupakan sebuah kelenjar yang bentuknya sangat kecil, dan terdapat di bagian bawah kandung kemih. Kanker prostat biasanya ditandai dengan terasanya gangguan berupa rasa nyeri ketika akan buang air kecil. Meskipun sangat berbahay, namun kanker ini tidak berkembang secara cepat, dan umumnya terjadi dalam rentan waktu yang sangat lama.

Penyakit kanker prostat sering terjadi karena beberapa faktor pendukung berikut:

Usia lanjut

Gemuk berlebih

kekurangan serat dan antioksidan

mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya

terkena penyakit yang bisa menular secara seksual

memiliki orang tua atau keluarga lainnya yang pernah terkena kanker prostat.

Susu kedelai memiliki kandungan yang bernama hormon fitoestrogen, sebuah hormon yang salah satu fungsinya adalah untuk mengurangi jumlah dan kadar produksi hormon testosteron pada laki-laki. Dengan berkurangnya jumlah testosteron, maka secara otomatis pula menurunkan resiko terjadinya kanker prostat pada tubuh sobat.

3. Menurunkan resiko Osteoporosis pada orang tua lanjut usia

Osteoprosis adalah suatu keadaan dimana tulang telah kehilangan struktur kuat dan padatnya, yang berakibat pada lemahnya tulang dan sangat rentan dengan resiko terkena patah tulang. Dari segi gejala, penyakita yang satu ini tidak memiliki gejala apapun, ia hanya dirasakan ketika terjadi benturan yang tidak seberapa, tetapi berakibat fatal pada tulang berupa retak dan bahkan patah.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab utama osteoporosis, yaitu:

Pada perempuan; turunnya kadar  estrogen akibat siklus menstruasi atau pun karena faktor menopause.

Pada laki-laki; menurunnya kadar testosterone, namun hal ini dapat disiasati dengan dengan memperbaiki pola makan.

tidak tercukupinya nutrisi dan gizi yang berfungsi untuk memperpadat susunan tulang, hal ini dapat diperbaiki dengan minum suplemen vitamin.

Kurangnya asupan  vitamin D dan kalsium

Ketergantungan dengan produk obat tertentu

kurang berkativitas secara fisik

kebiasaan merokok

konsumsi alcohol

Penyakit osteoporosis dapat dtangani dengan langkah berikut:

Memperbanyak konsumsi vitamin D dan kalsium, bila perlu gunakanlah suplemen yang sehat untuk keduanya.

Peran dan khasiat dalam susu kedelai untuk menangani osteoporosis dimainkan pula oleh peranan hormon fitoestrogen, yaitu dengan cara mempercepat proses terserapnya zat kalsium dalam tubuh sobat. Dengan penyerapan kalsium yang lebih cepat, maka resiko  kehilangan berat dan massa kepadatan tulang menjadi terhindarkan. Hilangnya berat dan kepadatan massa tulang inilah yang menjadi penyebab utama dalam penyakit keropos tulang (osteoporosis). Dengan terhindakannya hal ini, resiko osteporosis pun menjadi terhindarkan, sebagaimana yang umumnya terjadi pada orang-orang yang sudah lanjut usia.

4. Mampu Mengurangi Berat Badan Secara Alami

Jika sobat mencoba menghitung dan membandingkan kandungan gula yang terdapat dalam susu sapi dan susu kedelai, maka akan sobat temukan bahwa susu kedelai 45% lebih rendah gula dibandingkan dengan susu sapi pada jumlah takaran yang sama. Selain itu, adanya kandungan berbentuk lemak tak jenuh dalam susu ini sangat membantu dalam menghindarkan penyerapan kandungan lemak pada makanan saat dilakukan pencernaan di usus. Inilah mengapa susu kedelai disebut-sebut sebagai susu yang paling cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan secara signifikan, namun dengan cara yang sehat dan alami tanpa resiko.

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments