Informasi Penting

Iklan

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata

SALURANINFORMASI.COM - Mata adalah salah satu organ indera manusia yang sangat berharga, sebab ia adalah satu-satunya akses manusia untuk bisa melihat dan menikmati keindahan pemandangan yang ada di sekitarnya. Melalui mata, seseorang dapat membedakan berbagai warna di sekelilingnya, melalui mata pula seseorang bisa menatap wajah-wajah orang-orang terkasih dari keluarga tercinta. Pada titik ini, setiap orang tentunya sangat memahamai bagaimana pentingnya mengetahui cara menjaga kesehatan mata. Sebab, tanpa indera yang satu ini, dunia hanya akan terasa gelap tanpa warna, serta hanya mengenal orang-orag tercinta dari suaranya.

Menjaga Kesehatan Mata

Berikut ini akan dibahas mengenai cara menjaga kesehatan mata, yang dapat sobat praktekkan dengan mudah dalam aktivtas sehari-hari.

1. Mengistirahatkan mata dari aktivitas fokus setiap 30 menit

Pada zaman yang serba canggih sekarang, tentunya aktivitas manusia tidak akan terlepas dari yang namanya menatap layar smartphone atau pun computer dalam waktu yang lama. Hal ini jika dilakukan secara terus menerus dan tanpa istirahat, maka secara perlahan akan menurunkan kualitas kesehatan penglihatan sobat. Menurut Best Health Mag, salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah dengan mengalihkan pandangan dari fokus kerja setiap 30 menit sekali. Bahkan jika perlu, sobat dapat mengatur alarm pada ponsel atau tulisan kertas di dinding kerja sobat untuk menjadi pengingatnya.

2. Periksakan Kesehatan Mata Secara Rutin (Minimal setahun sekali)

Salah satu kekeliruan yang sering dilakukan banyak orang adalah hanya melakukan pemeriksaan kesehatan mata atau pun organ tubuh lainnya ketika telah terjadi atau mengalami suatu penyakit. Masih sangat jarang orang yang mau melakukan pemeriksaan mata dan juga bagian tubuh lainnya ketika organ tersebut dalam keadaan sehat seperti biasanya. Padahal, pemeriksaan yang rutin dalam keadaan sehat akan sangat membantu mendiagnosa kemunculan awal suatu penyakit sebelum ia muncul menjadi masalah kesehatan yang berdampak serius bagi tubuh sobat.

3. Olahraga rutin meskipun ringan

Olahraga dan kesehatan bagaikan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan, bagian tubuh manapun yang ingin kita jaga agar tetap sehat, serta penyakit apapun yang ingin kita hindari, olahraga selalu hadir sebagai salah satu bentuk penjagaan kesehatan terbaik. Sebut saja penyakit jantung, stroke, darah tinggi, diabetes, semua dapat dihindari jika sobat mampu meluangkan waktu beberapa kali seminggu secara rutin untuk melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga ringan. Hal ini mengandung pelajaran bahwa olahraga adalah hal yang wajib sobat lakukan bersama keluarga, untuk menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga sesibuk apapun aktivitas di tempat kerja sobat.

4. Gunakan kaca mata hitam saat beraktivitas di luar ruangan

Mungkin akan ada orang-orang yang tidak paham dengan cara menjaga kesehatan mata yang satu ini, sehingga beresiko tinggi mendapat cap lebay jika sobat melakukannya. Tapi itulah saran para ahli kesehatan mata, sebagaimana disebutkan oleh Better Health Channel. Fungsi utama kaca mata hitam di luar ruangan terutama saat matahari terik adalah untuk menjaga agar mata tidak terpapar sinar ultraviolet yang sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Selama ini, sinar ultraviolet baru populer sebagai perusak kesehatan dan kecerahan kulit, namun ia belum populer sebagai salah satu faktor penyebab kerusakan pada mata.

5. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Sebagaimana peran yang dimainkan oleh olahraga, makanan bergizi juga memiliki peran yang sangat besar bagi kesehatan mata, terutama pada bahan makanan yang mengandung vitamin E, C, A, mineral, dan juga zinc. Kandungan vitamin di atas dapat sobat temukan pada bahan makanan berikut:

jeruk

ubi

bayam

brokoli

wortel

Selain sayuran dan buah di atas, sobat dapat pula mengkonsumsi ikan salmon yang di dalamnya terdapat kandungan omega 3, yang disebut-sebut sebagai salah satu bahan penting untuk kesehatan mata.

Di samping mengetahui cara menjaga kesehatan mata, sobat perlu pula mengenal mengenai berbagai jenis penyakit mata sebagaimana yang dilansir oleh alodokter berikut ini:

Kelainan pada kornea; dapat terjadi karena cedera, alergi, terpapar benda asing penyebab irirasi mata –misalnya debu dan kotoran lainnya-.

terganggunya retina mata; sering terjadi pada penderita diabetes, dapat pula karena cedera, lanjut usia dan penuaan. Ditandai dengan penglihatan yang tidak jelas saat sore atau malam hari.

Penglihatan buram ( gangguan refraksi mata); gangguan yang satu ini adalah gangguan yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Gangguan jenis ini terbagi lagi ke dalam beberapa jenis, yaitu rabun dekat (tidak mampu melihat benda terdekat dengan jelas), rabun jauh (pandangan buram jika melihat benda yang jauh), mata tua yang disebut pula presbiopi (gangguan penglihatan pada usia lanjut),  dan yang terakhir adalah astigmatisme yang dikenal juga dengan sebutan mata silinder dan ditandai dengan penglihatan selamanya buram, baik itu melihat jarak dekat maupun menlihat benda jarak jauh.  

 

 

 

 


Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments