Informasi Penting

Iklan

5 Manfaat Sayuran dan Buah Bagi Kesehatan Menurut Warnanya

SALURANINFORMASI.COM - Sayuran adalah tumbuhan alami yang digunakan oleh manusia sebagai makanan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Belum lengkap rasanya jika dalam suatu hidangan pagi, siang, sore, malam dan semua kesempatan dan waktu bersantap jika tidak ada lauk yang satu ini. Sebagaimana telah diketahui bersama, sayuran tidak hanya memiliki fungsi sebagai pelezat dan lauk saat bersantap, lebih dari itu, sayuran memiliki manfaat yang sangat banyak sesuai warna dan kandungan pada masing-masing jenisnya bagi kesehatan manusia.

Manfaat Sayuran dan Buah Bagi Kesehatan

Sobat tidak suka sayuran saat bersantap, itu mungkin karena sobat belum memahami bagaimana pentingnya sayuran dan kandungannya untuk kesehatan tubuh. Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai manfaat sayuran bagi kesehatan berdasarkan kandungan di balik warnanya. Penasarankan? ayo simak uraian lengkapnya berikut ini!

1. Sayuran dan buah Berwarna Putih

Warna bagi sayuran, buah dan jenis makanan lainnya ternyata tidak hanya sekedar warna tanpa arti, warna bagi sebuah bahan makanan alami seperti buah, sayuran, dan susu merupakan tanda bahwa bahan makanan alami tersebut di dalamnya terdapat kandungan flavonoid, sebuah kandungan yang sangat banyak manfaatnya bagi kinerja membran sel tubuh manusia.

Ada banyak bahan makanan alami yang berwarna putih sebagai tanda bahwa ia mengandung flavonoid, misalnya keju dengan kandungan lemak yang rendah, yoghurt yang masih alami, bawang putih, tempe, tahu, susu dan lain-lain. Belum lagi ditambah dengan adanya kandungan tambahan lain pada masing-masing buah dan sayuran seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan kandungan gizi lainnya, semakin memperbesar manfaat dan kegunaannya bagi kesehatan tubuh.

2. Sayuran dan buah Berwarna Merah

Ada banyak jenis buah dan sayuran dengan warna yang satu ini, misalnya paprika merah, buah bit, anggur merah, cherry, cranberry, apel merah, buah semangka, strawberry, dan juga buah tomat. Jika sobat melihat tumbuhan alami buah dan sayuran dengan warna merah, maka bisa dipastikan bahwa tumbuhan tersebut mengandung berbagai zat yang berfungsi untuk membantu menjaga  sehatnya jutaan sel dalam tubuh, sekaligus mampu menurunkan potensi terpapar serangan kanker pada tubuh. Sayur dan buah yang berwarna merah juga mengandung zat yang akan membantu daya tahan tubuh seseorang saat berhadapan dengan serangan berbagai macam jenis penyakit.

Salah satu kandungan yang paling  bagus dari sayur dan buah berwarna merah adalah adanya  kandungan anti oksidan dengan jumlah yang sangat tinggi, yaitu sebuah kandungan yang akan menjaga tubuh sobat dari serangan penyakit akibat polusi dan radikal bebas di udara.

Buah berwarna merah dengan kandungan anti oksidan tertinggi adalah paprika merah, buah bit, anggur merah, cherry, cranberry, dan buah strawberry.

3. Sayuran dan Buah Berwarna Kuning

Ada banyak pula sayuran dan buah dengan warna kuning yang bisa sobat temukan di pasaran dan bahkan sekitar rumah. Sebut saja jeruk sebagai salah satu contohnya, warna kuning pada jeruk menandakan bahwa di dalamnya terkandung sangat banyak vitamin C yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan sel-sel tubuh, menjaga daya tahan tubuh, dan juga melindungi sobat dari berbagai serangan bibit penyakit. Selain vitamin C, dalam sayur dan buah yang berwarna kuning terkandung pula potassium yang berkhasiat untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi, membersihkan sumbatan plak kolesterol arteri jantung, dan juga bisa berperan sebagai obat pencahar alami yang akan membantu membersihkan saluran pencernaan dan menurunkan berat badan secara alami.

4. Sayuran dan buah Berwarna Hijau

Warna hijau adalah warna yang paling dominan dimiliki oleh berbagai jenis tumbuhan dan buah. Bahkan, setiap disebut kata sayuran, warna pertama yang akan terbetik dipikran sobat pastinya adalah warna hijau. Warna hijau pada buah dan sayuran merupakan tanda bahwa pada buah dan sayuran itu terkandung zat klorofil yang sangat banyak, yang fungsinya dalam tubuh adalah juga merupakan antioksidan.

Selain itu, kandungan sayuran hijau didominasi oleh kandungan indoles, isothiocyanate, dan juga kandungan sulfarophane yang sangat ampuh untuk menghancurkan dan membunuh sel kanker.

Ada banyak contoh sayuran untuk warna yang satu ini, di antaranya adalah kangkung, kacang panjang, daun singkong, daun pepaya, sayur pakis, daun kelor, bayam, brokoli, selada, dan masih banyak lagi.

5. Sayuran dan Buah Berwarna Orange

Warna orange pada buah dan sayuran merupakan tanda bahwa buah dan sayuran tersebut sangat banyak mengandung beta karoten dan alpha karoten. Fungsi utama dari beta karoten adalah untuk membantu kesehatan indera penglihatan, sedangkan alpha karoten cukup jago dalam menghadapi bibit-bibit sel kanker yang masuk ke dalam tubuh.

Adapun contoh dari buah dan sayuran dengan warna ini adalah buah pepaya, mangga, buah persik, buah labu blewah, buah wortel, buah jeruk, dan juga termasuk ubi jalar.

 

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments