Informasi Penting

Iklan

5 Obat Batuk Alami yang Bisa Anda Buat Sendiri

SALURANINFORMASI.COM - Batu merupakan penyakit musiman yang bisa terjadi pada siapa saja. Meskipun tidak termasuk penyakit berbahaya, namun batuk merupakan penyakit yang sangat merepotkan. Anda harus segera mengobati batuk karena penyakit ini bisa mengganggu aktivitas. Salah satu cara mengatasi batuk yaitu menggunakan obat alami. Ada beberapa obat batuk alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah yaitu:
Obat Batuk Alami

Jahe

Jahe adalah tanaman obat keluarga yang dikenal memiliki banyak khasiat. Salah satu manfaat tanaman yang juga digunakan untuk bumbu dapur ini adalah mengobati batuk. Cara menjadikan jahe sebagai obat batuk yaitu dengan mengunyahnya secara langsung. Jika tidak bisa mengunyahnya, Anda bisa mencampur bubuk jahe dengan madu ataupun teh.

Peppermint

Peppermint memiliki efek segar di mulut ketika memakannya. Selain itu, bahan alami ini ternyata juga bisa membantu melegakan tenggorokan dan meredakan batuk. Buat peppermint sebagai teh kemudian minum secara teratur. Selain dijadikan teh, peppermint juga bisa dijadikan uap sehingga Anda bisa menghirup udaranya. Caranya yaitu dengan memasukkan 3-4 tetes minyak peppermint ke dalam air panas sebanyak 150 militer.

Madu

Obat batu alami selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah madu. Bahkan madu dinilai lebih efektif dibandingkan obat batuk dengan kandungan dextromethorphan. Campurkan madu dengan air hangat, air lemon, atau teh, kemudian minum. Namun hindari pemberian madu pada anak di bawah satu tahun.

Lemon

Lemon memiliki manfaat untuk mengurangi radang tenggorokan akibat batuk dan menjadi sumber vitamin C. Adapun peran vitamin C yaitu meningkatkan sistem imun untuk mengatasi infeksi kuman, salah satunya yaitu infeksi saluran nafas. Campurkan lemon dan madu sebagai obat batuk yang ampuh.

Air Hangat

Obat batu selanjutnya sangat sederhana yaitu air hangat. Segelas air hangat bisa membantu memberikan rasa nyaman pada tenggorokan Anda. Selain itu, air hangat juga bisa mengencerkan dahak dan meringankan batuk.

Itulah 5 obat batuk alami yang dikenal ampuh mengatasi batuk. Selain mudah dibuat sendiri, obat-obat tersebut juga mudah didapatkan di sekitar rumah. Apabila batuk tidak kunjung sembuh, setelah memberikan obat alami, Anda harus segera berkonsultasi kepada dokter. Semoga informasi yang ada bisa membantu Anda untuk mengatasi sakit batuk yang diderita

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments