Informasi Penting

Iklan

6 Cara Pola Hidup Sehat

SALURANINFORMASI.COM - Pola hidup sehat adalah serangkaian cara dan gaya hidup dalam melakukan aktivitas sehari-hari, yang didasari dengan satu target dan tujuan, yaitu demi terwujudnya kehidupan yang sehat. Dalam tataran keluarga, pola hidup sehat juga merupakan kunci yang mendasari terwujudnya kesehatan diri dan kesehatan keluarga tercinta. Inilah alasan utama, mengapa cara pola hidup sehat sangat penting untuk diketahui sobat semuanya.

Pola Hidup Sehat

Berikut ini akan dibahas mengenai 7 cara pola hidup sehat, yang bisa terapkan dalam kehidupan sehari-hari bersama keluarga tercinta.

1. Rutinkan meminum susu murni

Susu murni adalah susu alami yang bersumber dari hewan seprti sapi, kambing, atau pun kuda dan unta, yang belum dicampuri dengan bahan-bahan lainnya. Produk susu murni sangat mudah didapatkan pada daerah-daerah yang dekat para peternak sapi susu, kambing, atau pun dan unta. Adapun susu kemasan kaleng yang beredar di pasaran saat ini, maka ia adalah creamer, bukan 100% susu sapi. Satu-satunya produk susu sapi murni yang dijual secara luas dan mudah didapatkan saat adalah susu cap beruang (Bear Brand) dari nestle.

Produk susu beruang dapat menjadi alternative bagi sobat semua yang jauh dari tempat peternak penghasil susu murni. Sebab, produk susu yang satu ini, memiliki bahan yang terbuat dari 100% susu sapi murni steril, yang sudah banyak dibuktikan oleh para penggunanya bahwa ia mampu memberikan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Prof. Ian Givens seorang ahli dan peneliti gizi yang berasal dari Ingris menyatakan bahwa susu murni yang dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan resiko dari terkena penyakit jantung koroner dan juga stroke dengan besaran peluang 20%. Hal ini berarti bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan minum susu murni akan memiliki tingkat resiko yang lebih rendah 20% dari terkena serangan resiko stroke dan jantung koroner dibandingkan dengan mereka yang tidak menkonsumsi susu murni.

Penyataan Prof.Ian givens di atas memberikan gambaran kepada sobat semua bahwa jika ada di antara keluarga sobat yang menderita tekanan darah tinggi, maka menyediakan stok susu murni di rumah dan meminum dengan rutin akan membantunya mengurangi tingkat resiko stroke dan serangan jantung. Oleh karena itu, susu murni menjadi salah satu langkah pertama yang perlu sobat semua lakukan dalam melindungi kesehatan keluarga tercinta.

2. Olahraga secara teratur meskipun sebatas aktivitas fisik ringan

Ada banyak aktivitas olahraga ringan yang bisa sobat lakukan bersama keluarga di rumah, yaitu berjalan cepat keliling komplek, jogging, senam, yoga, dan lain-lain dari olahraga ringan. Hal ini penting untuk dilakukan dan diagendakan secara teratur karena semua ahli kesehatan sepakat bahwa orang-orang yang terbiasa berolahraga secara teratur akan memiliki tingkat kesehatan dan kebugaran yang lebih tinggi 12%, dari orang-orang yang tidak memiliki kebiasaan olahraga.

Sebuah penelitian dari Universitas Pittsburgh menyatakan bahwa 92% orang-orang yang memiliki kebiasaan aktivitas olahraga secara teratur khususnya dengan berjalan cepat, memiliki peluang untuk lebih sehat dan hidup lebih lama 10 tahun –jika ditinjau dari sisi medis- dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

3. Membangun komunikasi dan hubungan sosial yang baik di tempat kerja

Terdapat sebuah hasil penelitian yang dirilis oleh Jurnal Health Psychology yang menyebutkan bahwa orang-orang yang di tempat kerjanya memiliki masalah social dan komunikasi –kurang akur sesama rekan kerja- memiliki tingkat kesehatan yang akan sangat cepat memburuk dan bisa berakibat kematian dalam rentang waktu tidak lebih dari 20 tahun.

Hal senada disebutkan pula oleh Jurnal kesehatan PLoS Medicine, mereka menyebutkan bahwa orang-orang yang memiliki hubungan social bermasalah di tempat kerjanya akan sangat beresiko mengalami penurunan kondisi kesehatan dengan sangat cepat dan bisa berakibat pada kematian dalam rentang waktu 7,5 tahun.

Penjelasan para ahli di atas memberikan pelajaran bagi sobat semua bahwa emosi dan kondisi perasaan seperti marah, jengkel, dan juga stress yang sering dialami di dunia dan tempat kerja ternyata sudah terbukti memberikan dampak negative dari sisi medis pada kesehatan seseorang.

4. Refreshing (bersantai sejenak beberapa waktu melupakan pekerjaan)

Refreshing atau yang lebih dikenal dengan rekreasi dan liburan sambil berjalan santai atau mengunjungi tempat wisata tertentu ternyata juga memberikan dampak kesehatan pada tubuh seseorang secara luar biasa. Hal ini disebabkan karena pada saat refreshing atau rekreasi, saraf otak dan juga perasaan seseorang menjadi lebih tenang dan tenteram, yang menyebabkan daya tahan tubuh meningkat, dan juga rasa stress menjadi hilang. Inilah dampak dan sisi positif dari rekreasi bagi kesehatan tubuh seseorang.

5. Rutin sikat gigi

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh dr.Mehmet C. Oz dan dr.Michael Roizen disebutkan bahwa kebiasaan sikat gigi minimal dua kali sehari ternyata memberikan dampak yang sangat besar bagi tubuh dan kesehatan seseorang, juga memberikan peluang untuk hidup sehat lebih lama 6 tahun dibandingkan orang-orang yang tidak melakukannya.   

6. Minum air putih yang cukup

Para ahli menyatakan bahwa tubuh seseorang membutuhkan asupan air yang tidak kurang dari 8 gelas per harinya. Hal ini untuk menjamin hidrasi seluruh organ tubuh, dan juga untuk mengeluarkan zat-zat sisa metabolisme pengolahan makanan dari dalam tubuh. Air putih sangat penting bagi kesehatan seseorang, dan fungsi tidak tergantikan.   

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments