Informasi Penting

Iklan

7 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak

SALURANINFORMASI.COM - Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu harta paling berharga di dunia ini adalah kesehatan keluarga dan seluruh anggotanya, khususnya anak-anak. Jika ditelaah secara seksama, seluruh aktivitas yang dilakukan oleh seseorang yang telah berkeluarga pasti dan pasti semuanya bermuara untuk kebahagiaan dan kesehatan keluarga tercinta. Entah itu bagi kedua orang tua, suami atau pun istri, termasuk yang paling mendapat prioritas terbesar adalah anak-anak tercinta. Itu berarti bahwa cara menjaga kesehatan tubuh anak dan anggota keluarga lainnya menjadi penting untuk dipelajari oleh setiap orang.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak

Sebab, tidak akan berarti lagi banyaknya harta benda yang sudah dimiliki jika kesehatan tubuh anak dan keluarga lainnya terabaikan dan terganggu.

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai cara menjaga kesehatan tubuh anak yang direkomendasikan oleh para praktisi kesehatan, apa saja caranya? simak uraiannya berikut ini:

1. Membangun kebiasaan cuci tangan setelah beraktivitas

Masa kecil adalah masa yang penuh dengan rasa ingin tahu terhadap berbagai hal, yang disertai pula dengan keinginan untuk menyentuh, mencoba, dan mengekplorasi hal-hal yang menurutnya menarik. Pada masa ini, si kecil belumlah mengerti tentang berbagai hal yang kotor, kurang bersih, tidak baik untuk kesehatan, dan lain sebagainya.

Di sinilah peran dari orang tua sangat dibutuhkan yaitu memantau dan membangun kebiasaan hidup bersih sejak dini, dimulai dari hal yang sangat sederhana namun sangat besar pengaruhnya, yaitu kebiasaan mencuci tangan setelah beraktivitas. Khususnya setelah mengeluarkan dan membersihkan ingus, buang air besar dan kecil, setelah bermain diluar maupun di dalam rumah, serta yang paling penting adalah sebelum menyentuh makanan.

2. Memastikan bahwa anak memiliki daya tahan tubuh yang kuat

Dalam kegiatan eksplorasinya sehari-hari, si kecil sangat rentan dengan serangan berbagai penyakit yang bisa saja disentuhnya saat ia bermain. Dengan Daya tahan tubuh yang kuat, si kecil akan memiliki kekuatan tersendiri untuk menangkal berbagai potensi serangan penyakit tersebut. Tentunya bahwa peran orang tua kembali dibutuhkan dalam hal ini, yaitu dengan cara memastikan bahwa si kecil memiliki waktu istirahat (tidur) yang cukup, memberinya makanan yang sehat dan bergizi, serta mengajaknya untuk melakukan aktivitas olahraga ringan yang disukai si kecil, seperti jalan kaki keliling rumah atau komplek rumah, serta dengan olahraga ringan lainnya yang disukai si kecil.

Perlu pula bagi orang tua untuk memantau kondisi mood si kecil, menghindarkannya dari stress, serta memperhatikan hal lainnya yang memiliki pengaruh dengan kesehatan mental dan pikirannya. Sebab, hal ini sangat erat kaitannya dengan daya tahan tubuh yang dimilikinya.

3. Mengenalkan dan menanamkan berbagai kebiasaan sehat pada si kecil

Ada banyak bentuk kebiasaan sehat yang perlu mulai dikenalkan sejak dini oleh orang tua pada si kecil yaitu di antaranya:

Mencuci tangan sebelum makan

Mandi pagi,

Sikat gigi sebelum tidur,

Cuci tangan setelah bermain

makan dengan tangan kanan

tidak berbagi gelas dengan orang lain

meredupkan sinar gadget saat main hp, dan lain-lain

Mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh bagian tubuh yang terbuka seperti mata, telinga, mulut, dan hidung.

Menutup mulut ketika bersin,

Menjauhi asap rokok, dan lain sebagainya

4. Memberikan makanan yang sehat dan bergizi

Ada banyak jenis makanan yang sehat dan bergizi untuk para bunda olah menjadi bahan makanan si kecil, misalnya sayur-sayuran hijau, buah-buahan yang segar dan masak secara alami, serta sumber-sumber vitamin dan protein lainnya dari hewan dan tumbuhan.

5. Pantau kebiasaan jajan anak sehari-hari

Salah satu hal yang tidak bisa terlepas dari si kecil adalah kebiasaan jajan berbagai jenis makanan ringan, minuman-minuman segar kemasan botol maupun gelas, serta jajan dengan makanan ringan tradisional yang ditemuinya di sekitarnya, entah itu di rumah maupun di sekolah. Hendaklah para orang tua tidak lepas control dari hal ini, sebab sangat besar potensinya untuk dapat menyebabkan serangan penyakit tertentu pada si kecil, misalnya alergi, gata-gatal, sakit perut, dan lain sebagainya.

Jajan yang terlalu sering dan berlebihan akan menyebabkan anak cenderung untuk tidak suka makan makanan rumah –nasi, sayur, dan lain-lain- dan lebih memilih makanan ringan sebagai makanan utamanya.

6. Arahkan anak untuk lebih banyak bermain dengan benda-benda kesayangannya, serta hindarkan dari kecanduan gadget

Akhir-akhir ini, sangat marak pembahasan mengenai beberapa dampak buruk kecanduan gadget bagi seorang anak, selain membuatnya sulit untuk bersosialisi, kecanduan gadget pada usia sekolah misalnya, akan membuat anak-anak lebih cenderung untuk menghabiskan waktunya bermain hp daripada mengerjakan PR dan tugas-tugas sekolahnya. Peran orang tua dalam hal ini adalah memastikan bahwa si kecil bermain gadget dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan.

7. Memantau perkembangan anak secara fisik dan mental

Fisik yang kuat dan mental yang sehat pada anak-anak adalah harapan besar bagi semua orang tua. Meskipun demikian, hal itu tidaklah mudah jika orang tua cenderung tersibukkan dengan aktivitas pekerjaan, sehingga tidak punya waktu yang cukup untuk memantau perkembangan si buah hati.

Dalam hal ini, hendaklah para orang tua memastikan bahwa sesibuk apapun pekerjaanya di kantor, hendaklah ia tetap memiliki waktu yang cukup bersama sang buah hati, serta memantau perkembangan fisik dan mentalnya.

 

 

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments