Informasi Penting

Iklan

Bukan Hanya Wortel, Ini Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata Jangka Panjang

SALURANINFORMASI.COM - Mata adalah alat indera yang sangat penting bagi manusia. Tanpa mata yang sehat, Anda tidak bisa melihat keindahan dunia dengan baik. Orang-orang yakin bahwa kesehatan mata memang akan menurun seiring bertambahnya usia. Akan tetapi sebenarnya Anda bisa mengurangi risiko masalah mata di hari tua dengan pola makan yang sehat. Wortel merupakan makanan untuk kesehatan mata yang direkomendasikan banyak ahli. Selain wortel, sebenarnya ada beberapa makanan lainnya yang juga baik untuk kesehatan mata, berikut di antaranya:

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

Ikan

Ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Beberapa jenis ikan dengan kandungan minyak ikan tinggi yaitu salmon, tuna, herring, bilis, dan ikan trout. Beberapa pakar menyebutkan bahwa konsumsi minyak ikan secara rutin bisa meminimalisir risiko mata kering. Masalah mata kering banyak terjadi pada orang yang sering melihat layar komputer.

Buah-buahan Sitrus

Buah sitrus adalah buah-buahan yang baik untuk kesehatan mata karena memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C adalah anti-oksidan yang bermanfaat untuk mencegah gangguan kesehatan mata. Macam-macam buah sitrus di antaranya yaitu jeruk, lemon, dan jeruk nipis.

Sayuran Hijau

Siapa yang suka dengan sayuran hijau? Sayuran ini memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya yaitu untuk kesehatan mata. Sayuran hijau seperti kale dan bayam memiliki kandungan vitamin C, lutein, dan zeaxanthin yang tinggi. Ketiga kandungan tersebut bermanfaat untuk menyehatkan mata. Pastikan bahwa Anda mengolah sayuran hijau dengan baik agar kandungannya tidak hilang.

Daging Sapi

Makanan untuk kesehatan mata selanjutnya adalah daging sapi. Kandungan zinc dalam daging sapi terbukti bisa menunda masalah penglihatan yang terjadi karena usia misalnya seperti rabun dan degenerasi makula. Namun konsumsi daging sapi harus dalam batas wajar agar tidak berpengaruh pada kesehatan organ tubuh lainnya.

Kacang-kacangan

Sama seperti ikan, kacang-kacangan ternyata juga memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Selain itu, kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin E yang dikenal baik untuk kesehatan mata jangka panjang. Pasalnya vitamin E membantu menjaga mata dari risiko kerusakan karena usia.

Telur

Tidak hanya lezat saja, telur juga baik untuk kesehatan mata karena mengandung zeaxanthin dan lutein. Beberapa kandungan penting lainnya yaitu vitamin E, vitamin C, dan zinc. Sebagai makanan yang memiliki nutrisi lengkap, Anda bisa mengolah telur dengan berbagai cara.

Kuaci

Kuaci adalah camilan yang bisa membuat mata Anda menjadi lebih sehat. Pasalnya camilan yang berasal dari biji bunga matahari ini memiliki kandungan vitamin E dan zinc.

Itulah beberapa makanan untuk kesehatan mata yang bisa Anda konsumsi. Jika dikonsumsi sejak dini, maka Anda bisa menghindari masalah mata di hari tua misalnya seperti rabun. Jangan lupa juga menghindari kebiasaan yang bisa memperburuk kesehatan mata misalnya seperti melihat layar terlalu lama, menatap layar di kegelapan, dan lain-lain.

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments