Follow us on Blogger or Google News

Cara Atasi Demam Dengan Cepat

cara atasi demam dengan cepat

SALURANINFORMASI.COM - Saat Anda atau keluarga terserang demam, jangan terlalu cepat merasa hawatir yang berlebihan. Berikut ini kami sampaikan cara atasi demam dengan cepat dari  dr. Florentina R. Wahjuni, CQ.Phy, CHt, CI., dari RS Meilia Cibubur seperti dikutip dari tabloidnova.com . Tujuh cara atasi demam dengan cepat ini diharapkan dapat menjadi tindakan penanganan pertama saat demam di rumah.

cara atasi demam dengan cepat

1. Gunakan pakaian tipis meskipun tubuh terasa dingin.

“Pakaian tebal dan selimut akan menyebabkan naiknya suhu tubuh. Suhu tubuh yang sangat tinggi, sampaim39 derajat Celsius atau lebih pada anak-anak bisa mengakibatkan kejang-kejang. Ini adalah langkah pertama mengatasi demam di rumah untuk menghindari demam yang semakin parah.

 

2. Istirahatlah dengan ventilasi yang baik.

Gunakan kipas angin atau alat pendingin udara, namun jangan diarahkan langsung menuju ke tubuh dan kepala Anda, bisa diarahkan ke tembok atau langit-langit rumah. Sesuaikan temperaturnya sesuai kenyamanan penderita demam. Ini adalah mengatasi demam di rumah berikutnya agar penderita demam merasa lebih enakan.

 

3. Perbanyak minum air putih, sari buah, atau sup bening.

Air putih dan minuman sehat akan membantu menurunkan suhu tubuh. “Untuk mengukur penderita demam apakah sudah cukup minum atau belum, cukup dengan melihat urin, apakah berwarna terang atau kuning tua. Kalau berwarna terang dan cenderung jernih, itu pertanda sudah cukup minum. Namun jika masih terlihat kuning tua itu artinya penderita masih kurang minum dan harus segera perbanya minum”

 

4. Harus tetep diatur untuk makan.

“Bila penderita tidak mau makan, tubuhnya akan lemah. Sehingga menyebabkan daya tahan tubuh semakin turun akibat nutrisi yang tidak mencukupi. Hal ini justru akan memperparah penderita demam. Jadi harus diusahakan penderita untuk tetap makan seperti biasa.

 

5. Periksalah suhu tubuh setiap empat jam sekali.

“Sebaiknya janganlah makan atau minum selama setengah jam sebelum suhu tubuh diukur karena hasilnya tidak akurat.” Cara terbaik mengukur suhu tubuh yaitu dengan menggunakan termometer yang dapat dibeli di apotek. “Pastikan termometer terpasang secara baik dengan waktu yang cukup, sehingga suhu tubuh terukur dengan benar.” Hal ini guna untuk memastikan penderita demam sudah mulai turun atau belum suhu tubuhnya.

 

6. Kompres kepala dengan kain basah.

Jika tak mungkin memberikan kompresan di seluruh tubuh, maka utamakan bagian kepala  terkompres dengan baik menggunakan kain atau handuk basah. “Karena di daerah itu berjalan pembuluh besar tubuh yang berjalan cukup superficial, sehingga bila terkompres dengan baik akan segera menurunkan demam secara cukup signifikan.” Tindakan ini akan membantu menurunkan suhu tubuh secara keseluruhan. “Air yang digunakan boleh air hangat, air suhu biasa atau air dingin. Tergantung penderita demam bagaimana tingkat kenyamanannya, sehingga tidak mengganggu istirahatnya. Istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk pemulihan penderita dari kondisi demamnya.”

 

7. Mengurangi aktivitas.dan beristirahat total

Terlalu banyak aktivitas dapat memperburuk demam, karena meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pengaturan suhu tubuh yang tentunya malah dapat meningkatkan suhu tubuh. Jadi kurangi aktifitas dan ber istirahat total dengan melakukan langkah-langakah diatas.

 

Itu lah cara atasi demam dengan cepat dirumah, semoga informasi ini dapat membantu anda dan keluaraga. Bila suadah melakukan langkah langkah diatas demam masih tak kunjung turun sebaiknya segera bawa penderita demam ke dookter atau rumah sakit.



Cara Atasi Demam Dengan Cepat

Posting Komentar

Cara Atasi Demam Dengan Cepat

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.

Komentar Terbaru