Informasi Penting

Iklan

Cara Mengatasi Insomnia untuk Anda yang Susah Tidur

SALURANINFORMASI.COM - Tidur malam yang cukup merupakan hal yang penting bagi semua orang. Pasalnya ketika tidur tubuh akan beristirahat sehingga siap kembali menjalankan aktivitas keesokan harinya. Namun bagaimana jika insomnia datang mengganggu? Anda yang memiliki gangguan tidur ini pasti merasa sangat stres. Pasalnya insomnia membuat kualitas tidur menjadi buruk sehingga kesehatan juga akan terganggu. Bagi Anda yang susah tidur, berikut ini ada beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa diikuti:

Melakukan Relaksasi

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia adalah melakukan relaksasi. Ada beberapa pilihan relaksasi yang bisa dilakukan sebelum tidur seperti yoga atau pilates. Anda akan lebih mudah tertidur karena kedua aktivitas tersebut memberikan rasa nyaman dan tenang. Selain yoga dan pilates, relaksasi juga bisa dilakukan dengan hal sederhana seperti mendengarkan musik relaksasi, mandi air hangat, menonton drama, membaca buku, dan lain-lain.

Atur Jadwal Tidur

Sebagian besar orang yang mengalami insomnia tidak memiliki jadwal tidur tetap. Jika Anda salah satunya maka ubahlah kebiasaan tersebut dengan mengatur jadwal tidur. Memiliki jadwal tidur yang tetap membuat tubuh lebih mudah beristirahat. Sementara waktu tidur yang tidak teratur atau berubah-ubah bisa mengganggu ritme sirkadian yang juga memengaruhi sirkulasi tidur dan bangun pagi.

Buat Kamar Lebih Nyaman

Membuat kamar lebih nyaman juga menjadi salah satu cara mengatasi insomnia. Atur kamar sedemikian rupa sehingga membuat Anda merasa lebih nyaman di dalamnya. Atur suhu kamar dengan tepat untuk meningkatkan suhu tubuh sehingga terasa lebih hangat.

Konsumsi Makanan Sehat dan Berolahraga

Mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga juga mampu mengatasi insomnia. Hindari konsumsi kopi untuk penderita insomnia karena bisa memengaruhi kualitas tidur. Sedangkan olahraga atau aktivitas fisik harus rutin dilakukan paling tidak 30 menit dalam sehari.

Itulah cara mengatasi insomnia yang perlu Anda ikuti. Kualitas tidur yang buruk harus segera diatasi agar tidak mengganggu kualitas hidup Anda. Apabila insomnia tidak kunjung sembuh meskipun sudah melakukan berbagai cara di atas, sebaiknya langsung konsultasikan kepada dokter.

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments