Informasi Penting

Iklan

Hindari Makanan Ini Saat Asam Lambung Anda Kambuh

SALURANINFORMASI.COM - Penyakit asam lambung bisa dialami oleh siapa saja baik itu anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan lansia. Ada beberapa gejala yang dirasakan penderita saat asam lambung kambuh di antaranya yaitu nyeri dada, produksi air liur berlebih, nafsu makan menurun, perut kembung, serta batuk dan sesak nafas. Saat asam lambung naik, makanan yang dikonsumsi harus benar-benar diperhatikan. Pasalnya ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari karena bisa memperparah asam lambung. Berikut ini beberapa makanan tersebut:

Makanan Penyebab Asam Lambung

Buah Asam

Buah-buahan biasanya menjadi salah satu obat alami bagi berbagai penyakit. Akan tetapi ada buah yang harus dihindari oleh penderita asam lambung. Buah-buahan tersebut adalah buah asam seperti lemon, jeruk, nanas, dan jeruk nipis. Jangan pernah mengonsumsi buah-buahan yang terlalu masam tersebut ketika asam lambung naik.

Makanan yang Mengandung Lemak Tinggi

Makanan yang berlemak atau dibuat dengan cara digoreng bisa menyebabkan asam lambung kembali nak ke kerongkongan. Selain itu, makanan-makanan tersebut juga membuat penundaan pengosongan pada lambung.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi penderita asam lambung untuk menghindari makanan yang berlemak dan digoreng. Adapun makanan yang harus dihindari yaitu kentang goreng, produk susu penuh lemak, lemak ham, lemak bacon, es krim, makanan berminyak, saus krim, daging sapi berlemak, dan lain sebagainya.

Cokelat

Makanan selanjutnya yang harus dihindari cokelat. Banyak orang menyukai cokelat karena rasanya yang manis bisa meningkatkan mood. Akan tetapi penderita asam lambung harus menghindarinya. Pasalnya cokelat memiliki kandungan methylxanthine yang membuat otot refluks meningkatkan dan mengendurkan otot polos.

Kafein

Mungkin sudah banyak di antara Anda yang paham bahwa penderita asam lambung naik tidak boleh mengonsumsi kafein. Apabila mengonsumsinya, maka gejala dari asam lambung bisa menjadi semakin parah. Kafein dikenal sebagai salah satu zat yang bisa meningkatkan asam lambung.

Daun Mint

Daun mint menjadi makanan selanjutnya yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Jadi usahakan tidak menambahkan daun mint pada makanan yang akan dikonsumsi penderita. Bukan hanya daun mint saja, penderita asam lambung juga harus menghindari produk dengan daun mint lainnya.

Bawang Putih dan Bombay

Dua jenis bawang ini tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Konsumsi bawang putih bisa membuat asam lambung naik secara berlebihan. Sedangkan bawang bombay mentah memiliki kandungan asam sehingga tidak disarankan untuk penderita asam lambung.

Makanan Pedas

Makanan pedas memiliki kandungan capsaicin di mana zat tersebut sulit dicerna oleh tubuh. Selain itu, senyawa capsaicin juga bisa membuat asam lambung naik dengan cepat dan mengiritasi tenggorokan.

Itulah beberapa makanan yang harus dihindari saat asam lambung naik. Sebaliknya, ada beberapa makanan lain yang dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam lambung seperti putih telur, sayuran, jahe, pisang, melon, daging tanpa lemak, dan lain sebagainya. Konsumsi makanan yang tepat agar asam lambung yang Anda derita tidak semakin buruk.

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments