Informasi Penting

Iklan

Makanan Rendah Purin untuk Penderita Asam Urat

SALURANINFORMASI.COM - Urat merupakan penyakit yang bisa menyebabkan pembengkakan dan memunculkan rasa nyeri secara tiba-tiba pada persendian. Apabila asam urat kambuh, penderitanya tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Penyebab asam urat yaitu karena kadar asam urat di tubuh terlalu tinggi sehingga membentuk penumpukan kristal di persendian. Asam urat diproduksi saat seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung purin. Oleh sebab itu, penderita asam urat harus mengonsumsi makanan rendah purin untuk mengatasinya.

Makanan Rendah Purin

Makanan rendah purin adalah makanan yang mengandung kurang dari 100 miligram purin setiap 100 gram. Adapun makanan-makanan yang rendah purin tersebut di antaranya yaitu:

Buah-buahan

Hampir semua buah baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Akan tetap buah ceri merupakan buah yang paling direkomendasikan. Buah ini mampu membantu menurunkan kadar asam urat serta menurunkan efek peradangan yang terjadi.

Hasilnya akan lebih efektif apabila konsumsi buah ceri ditambah dengan obat asam urat seperti colchicine atau allopurinol. Namun berhati-hatilah apabila Anda memilih riwayat diabetes karena buah ceri mengandung gula yang tinggi.

Sayur-sayuran

Penderita asam urat harus berhati-hati saat memilih sayuran karena ada beberapa jenis sayur yang memiliki kandungan purin tinggi. Bayam dan asparagus merupakan dua jenis sayur yang memiliki purin sedang hingga tinggi, jadi Anda harus menghindarinya. Sedangkan sayuran yang direkomendasikan adalah brokoli, tomat, dan wortel.

Produk Susu

Semua produk susu aman dikonsumsi penderita asam urat, namun Anda lebih disarankan memilih susu yang rendah lemak. Susu maupun produk olahan susu yang rendah lemak diyakini bisa mengurangi risiko munculnya gejala asam urat secara tiba-tiba. Hal tersebut lantaran protein di dalam susu membuat pembuangan asam urat berjalan dengan baik.

Makanan dengan Protein Nabati

Makanan rendah purin dengan kandungan protein nabati yang tinggi sangat cocok bagi penderita asam urat dibandingkan makanan yang mengandung protein hewani. Berbeda dengan protein hewani, protein nabati diyakini tidak menyebabkan asam urat kambuh. Makanan yang mengandung protein nabati dengan kadar purin rendah yaitu kacang polong, lentil, dan buncis.

Telur Ayam

Telur ayam boleh dikonsumsi oleh penderita asam urat karena memiliki kandungan purin rendah. Anda bisa mengonsumsi telur ayam dengan cara direbus, kemudian dimakan langsung sebagai menu sarapan atau makan siang.

Ikan

Ada beberapa jenis ikan yang bagus untuk penderita asam urat karena kandungan purin rendah. Namun ada juga ikan yang tidak boleh dikonsumsi karena mengandung purin tinggi. Beberapa jenis ikan yang boleh dikonsumsi yaitu salmon, kakap merah, lele, dan nila.

Itulah beberapa makanan rendah purin yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Sedangkan makanan tinggi purin yang harus dihindari di antaranya yaitu daging, jeroan, minuman beralkohol, ikan sarden, ikan teri, makanan yang diawetkan, durian, alpukat, dan kaldu daging. Hindari makanan-makanan tersebut agar asam urat tidak kambuh.

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments