Informasi Penting

Iklan

Makanan Sehat untuk Pembersih Pembuluh Darah

Jantung merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Pada umumnya, penyakit ini disebabkan akibat penumpukan plak di pembuluh darah arteri sehingga aliran darah menuju jantung menjadi tersumbat. Anda bisa meminimalisir risiko penyakit jantung dengan menjaga kesehatan pembuluh darah. Ada beberapa makanan sehat yang bisa membantu membersihkan pembuluh darah dari plak maupun kolesterol jahat. Berikut selengkapnya untuk Anda:

Makanan Sehat untuk Pembersih Pembuluh Darah

Asparagus

Asparagus adalah salah satu makanan yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan mineral dan serat yang melimpah membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Di samping itu, asparagus juga membantu meningkatkan produksi glutathione yang merupakan anti-oksidan untuk mencegah oksidasi dan peradangan. Oksidasi jika dibiarkan saja bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Bayam

Banyak kandungan bayam yang penting untuk kesehatan seperti folat, kalium, dan serat. Ketiganya dikenal sebagai zat yang membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penyumbatan pada arteri. Bayam segar atau yang sudah diolah memberikan manfaat yang sama.

Brokoli

Brokoli memiliki kandungan sulforaphane yang membantu protein dalam mencegah penumpukan plak di pembuluh arteri. Kandungan lainnya yaitu vitamin K juga berfungsi untuk mencegah penumpukan plak. Hal tersebut lantaran vitamin K berguna dalam mencegah kalsium melakukan kerusakan pada arteri.

Buah Beri

Makanan sehat untuk pembersih pembuluh darah selanjutnya adalah buah beri. Manfaat yang diberikan oleh buah beri yaitu mencegah penyumbatan arteri, mengatasi peradangan, mengurangi kolesterol jahat, dan meningkatkan fungsi arteri. Beberapa kandungan penting lainnya yaitu mineral, vitamin, dan serat diyakini bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Buah Bit

Selain buah beri, buah bit juga baik untuk kesehatan pembuluh darah. Konsumsi buah bit bisa meningkatkan produksi oksida nitrat yang biasanya akan berkurang karena peradangan. Manfaat oksida nitrat yaitu mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi pembuluh darah, serta mencegah penyempitan pada pembuluh darah.

Alpukat

Buah berwarna hijau satu ini bisa membantu menurunkan low density lipoprotein atau kadar kolesterol jahat dan meningkatkan high density lipoprotein atau kadar kolesterol baik. Jadi tidak heran jika alpukat menjadi salah satu makanan yang bisa membersihkan pembuluh darah. Selain itu, vitamin E di dalam alpukat dapat mencegah oksidasi kolesterol penyebab kerusakan sel hingga penyempitan pembuluh darah.

Ikan

Jenis ikan tertentu yang baik untuk kesehatan pembuluh darah adalah salmon, tuna, sarden, dan tenggiri. Ikan-ikan tersebut memiliki kandungan lemak sehat atau yang lebih dikenal dengan omega 3. Kandungan omega 3 bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik, dan mencegah peradangan di pembuluh darah.

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Imbagi pola makan sehat tersebut dengan pola hidup sehat. Istirahat yang cukup dan rajin berolahraga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Setidaknya Anda harus menyempatkan waktu selama 30 menit untuk berolahraga.

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments