Informasi Penting

Iklan

Makanan Sumber Prebiotik yang Baik untuk Pencernaan

SALURANINFORMASI.COM - Probiotik merupakan bakteri baik, sedangkan prebiotik adalah serta yang mendukung pertumbuhan probiotik di dalam tubuh. Keduanya sama-sama dibutuhkan usus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Meskipun belum banyak yang tahu, namun ada beberapa makanan yang menjadi sumber prebiotik. Penasaran apa saja makanan sumber prebiotik? Berikut beberapa di antaranya:

Makanan Sumber Prebiotik

Kacang Merah

Kacang merah merupakan makanan yang mengandung prebiotik. Anda bisa mengolahnya menjadi sup kacang merah yang lezat dan disukai oleh keluarga. Selain prebiotik, kacang merah juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga bisa digunakan sebagai alternatif pengganti daging bagi Anda yang sedang menjalani diet vegetarian.

Asparagus

Asparagus menjadi salah satu sayuran yang disukai banyak orang. Bagi Anda yang menyukai asparagus maka Anda sudah mendapatkan asupan prebiotik saat mengonsumsinya. Selain baik untuk sistem pencernaan, sayuran berwarna hijau ini juga memiliki efek anti inflamasi atau anti radang.

Rumput Laut

Sudah banyak orang yang tahu bahwa rumput laut menjadi makanan sumber prebiotik. Bahkan makanan ini sudah dijual di pasaran dalam bentuk kemasan. Pada umumnya rumput laut digunakan sebagai pendampiang makanan atau camilan. Manfaatnya yaitu untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di sistem pencernaan.

Semangka

Buah yang menyegarkan ini tidak hanya lezat saja namun juga bermanfaat bagi tubuh. Kandungan air yang banyak membuat semangka bisa mencegah dehidrasi. Sebagai sumber prebiotik, semangka juga membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di tubuh.

Pisang

Pisang merupakan sumber prebiotik yang kaya akan serat, mineral, dan vitamin. Kandungan prebiotik buah pisang biasanya malah terdapat pada buah pisang yang belum matang.

Apel

Buah berwarna merah yang memiliki rasa manis ini adalah buah favorit semua orang. Apel memiliki kandungan pektin yang membantu meningkatkan jumlah butirat. Butirat sendiri adalah makanan bagi bakteri baik di dalam usus manusia. Selain itu, pektin juga prebiotik yang bisa mengurangi bakteri jahat.

Itulah beberapa makanan sumber prebiotik yang mungkin belum Anda ketahui. Selain makanan-makanan tersebut, makanan lain seperti kacang almond, kacang pistachio, dan oat juga mengandung prebiotik. Pastikan Anda mendapatkan asupan prebiotik agar pencernaan selalu sehat.


Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments