Informasi Penting

Iklan

Manfaat Berolahraga untuk Kesehatan Jantung

SALURANINFORMASI.COM - Olahraga merupakan aktivitas fisik yang harus dilakukan oleh semua orang secara rutin. Bukan hanya membantu menurunkan berat badan dan menyehatkan fisik saja, berolahraga juga membantu kesehatan jantung. Kita ketahui bersama bahwa jantung adalah organ yang sangat penting sehingga kesehatannya harus dijaga dengan baik, salah satu caranya yaitu dengan berolahraga. Lebih lengkapnya, berikut ini manfaat berolahraga untuk kesehatan jantung:

Manfaat Berolahraga

Menurunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat atau low density lipoprotein menjadi salah satu risiko penyebab penyakit jantung. Anda disarankan untuk mengurangi tingkat kolesterol jahat di dalam tubuh dengan berolahraga. Selain bisa menurunkan kolesterol jahat, berolahraga juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik atau high density lipoprotein. Imbangi pola hidup sehat tersebut dengan pola makan sehat. Jangan lupa untuk menghindari makanan-makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat di tubuh.

Menguatkan Otot

Salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk membantu menyehatkan jantung adalah aerobik. Kombinasi olahraga aerobik dan kekuatan yang dilakukan setiap hari bisa membantu meningkatkan kemampuan otot dalam menyerap oksigen dari darah. Hal tersebut membuat pekerjaan jantung yaitu memompa darah ke otot menjadi lebih ringan. Manfaat ini bisa dirasakan oleh semua usia, termasuk orang-orang yang sudah tergolong lanjut usia.

Menjaga Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan berlebih atau obesitas memang meningkatkan banyak risiko penyakit di tubuh. Salah satu risiko penyakit yang mengintai orang dengan berat badan berlebih adalah penyakit jantung seperti stroke dan serangan jantung. Berolahraga secara rutin bisa membantu Anda menurunkan berat badan serta menjaganya tetap berada pada batas normal. Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya terapkan pola makan sehat. Perbanyak makan makanan sehat seperti sayur dan buah.

Menormalkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung. Oleh sebab itu, menormalkan tekanan darah menjadi salah satu cara menyehatkan jantung Anda. Banyak ahli yang menyatakan jika manfaat berolahraga yaitu untuk obat beta-blocker. Artinya olahraga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menormalkan detak jantung sehingga risiko penyakit jantung bisa menurun.

Mengurangi Risiko Peradangan

Peradangan kronis yang diderita seseorang bisa membuat kerja organ-organ di dalam tubuh terganggu, terutama organ jantung. Jika kerja jantung terganggu akibat peradangan, maka fungsinya untuk tubuh juga bisa terganggu sehingga menyebabkan masalah jantung. Berolahraga secara rutin bisa membantu tubuh beradaptasi terhadap beban akibat aktivitas berat. Dengan begitu tubuh tidak akan mudah meradang sehingga kerja jantung serta organ-organ lainnya tetap maksimal.

Itulah manfaat berolahraga untuk kesehatan jantung yang perlu Anda pahami. Anda bisa melakukan olahraga ringan misalnya seperti aerobik, peregangan, jogging, dan lain sebagainya. Lakukan secara rutin sebanyak kurang lebih 30 menit sehari agar Anda bisa mendapatkan jantung yang sehat dan kuat.


Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments