Informasi Penting

Iklan

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

SALURANINFORMASI.COM - Jeruk nipis adalah salah satu jenis jeruk yang seringkali digunakan sebagai bahan campuran makanan agar semakin lezat. Rasanya yang masam membuat jeruk dengan nama latin Citrus aurantifolia ini tidak pernah dikonsumsi secara langsung. Selain sebagai campuran makanan, jeruk nipis ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Langsung saja berikut ini adalah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan:

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Melancarkan Pencernaan

Sifat asam yang dimiliki air jeruk nipis membantu saliva atau air liur untuk memecah makanan. Di samping itu, air jeruk nipis juga memiliki kandungan flavonoid yang dikenal bagi untuk kesehatan pencernaan seseorang.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Jeruk nipis ternyata mampu membantu menurunkan berat badan sehingga sering dikonsumsi oleh penderita obesitas. Kandungan asam sitrat di dalamnya mampu meningkatkan metabolisme sehingga tubuh lebih mudah membakar kalori dan sedikit menyimpan lemak.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi di dalam jeruk nipis membantu menjaga fungsi dan kesehatan jantung. Fungsi kalium yaitu melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekakan darah sehingga mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

Mengatasi Penyakit Peradangan

Manfaat jeruk nipis selanjutnya yaitu mengatasi penyakit akibat peradangan seperti asam urat, radang sendi, dan penyakit sendi lainnya. Vitamin C dalam jeruk nipis mampu meredakan gejala peradangan yang terjadi pada seseorang.

Mencegah Dehidrasi

Perasan air jeruk nipis memiliki manfaat untuk mencegah dehidrasi. Rasanya yang segar dan asam mampu meningkatkan nafsu seseorang untuk meminumnya. Akan tetapi hindari penggunaan terlalu banyak gula yang ditambahkan pada air jeruk nipis. Agar lebih sehat, Anda bisa mengganti gula dengan madu.

Meningkatkan Sistem Kekebalan

Sistem kekebalan tubuh berfungsi untuk melawan berbagai macam penyakit seperti pilek, flu, dan lain sebagainya. Adapun kandungan antioksidan dan vitamin C di dalam jeruk bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tersebut. Selain itu, vitamin C juga membantu produksi sel sehat yang berfungsi membunuh mikroba jahat.

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis yang perlu Anda ketahui. Karena rasanya yang masam, Anda tidak mungkin memakan jeruk nipis secara langsung. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan menjadikannya sebagai minuman. Jeruk nipis bisa diperas atau dipotong-potong kemudian dimasukkan ke dalam air hangat untuk menjadi minuman.

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments