Informasi Penting

Iklan

Manfaat Jus Buah dan Sayur Untuk Kesehatan

Ada banyak cara dan strategi mudah, murah, dan aplikatif untuk menjaga kesehatan, di antaranya yaitu dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran segar alami. Buah dan sayuran merupakan bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita. Untuk mendapatkannya pun tidak memerlukan biaya yang mahal, banyak dari jenis buah dan sayur tersebut bahkan tersedia gratis di lingkungan kita. Hal ini berarti bahwa jika berbicara tentang bahan makanan sehat alami, maka kita sedang berbicara bahan buah dan sayuran alami yang disediakan oleh alam untuk kita.

Manfaat Jus Buah dan Sayur Untuk Kesehatan

Meskipun tersedia dengan mudah dan murah, salah satu kekurangan dari buah dan sayur tersebut adalah memiliki rasa alami yang kadang kurang menarik selera untuk banyak dikonsumsi sehari-hari. Hal ini kemudian menjadikan kita kurang tertarik untuk rutin mengkonsumsinya meskipun ia tersedia di dalam rumah. Untuk itulah dilakukan berbagai cara pengolahan buah dan sayur agar menjadi enak dikonsumsi namun tidak mengurangi kandungan gizi yang ada di dalamnya. Salah satu cara tersebut adalah dengan membuat jus dengan bahan dasar buah dan sayuran.

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan jus dan manfaatnya untuk kesehatan. Penasaran? simak uraiannya berikut ini!

1. Macam-macam Jenis Jus

a. Jus

Jus adalah minuman yang berasal dari sari buah yang didapatkan dengan cara memeras buah tertentu –misalnya jeruk-, atau dapat pula didapatkan dengan bantuan alat pemeras dan penghancur buah –seperti blender-. Ada banyak jenis buah dan sayuran yang dapat dibuat sebagai jus, misalnya jus tomat, jus mentimun, jus melon, jus semangka, dan jus alpukat.

b. Lassi

Lassi adalah minuman yang berasal dari sari buah (jus) yang sudah mendapat campuran yoghurt (susu permentasi).

c. Smoothie

Smoothie adalah minuman sari buah yang berbentuk jus ataupun lassi yang sudah mendapat tambahan campuran buah-buahan lainnya sesuai dengan keingginan pembuatnya.

2. Cara Membuat Jus Sehat

1) Simpan buah yang akan sobat buat menjadi jus di dalam kulkas makanan selama kurang lebih 30 menit.

2) Jika sudah, keluarkan kembali buah tersebut dan biarkan di luar kulkas –jangan langsung diolah- selama kurang lebih 15 menit, agar buah tidak terlalu dingin ketika diolah. Perlu sobat ketahui bahwa makanan yang terlalu dingin, nutrisi dan kandungan gizinya tidak akan terserap dengan optimal oleh tubuh.

3) Kupas dan iris buah tersebut agar mudah diblender.

4) Blender buah dan tambahkan bahan lain sesuai selera sobat.

Saat membuat jus sehat, Hindari menambahkan es batu pada jus, sebab meskipun enak tetapi nutrisi buahnya tidak akan terserap dengan baik oleh tubuh. Hindari pula menambahkan gula berlebihan ataupun campuran lainnya. Sebab hal itu akan mengurangi tingkat manfaat pada jus yang akan dibuat.

3. Kandungan Jus Buah dan Sayur Serta Manfaatnya

Ada banyak kandungan vitamin dan gizi yang sangat berguna bagi kesehatan dan semua itu bisa ditemukan dalam buah dan sayur yang sering digunakan sebagai bahan utama jus. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1) Kandungan anti oksidan; anti oksidan yang sering diperankan oleh vitamin C terdapat dalam jumlah tinggi pada buah jeruk, jambu biji merah, dan pepaya. Selain berguna dalam menjaga daya tahan tubuh, sangat membantu dalam peremajaan sel.

2) Karoten dan turunannya yang terdiri lutein, likopen, dan betakaroten ; sangat tinggi terdapat pada wortel dan buah kesemek serta berfungsi untuk  peremajaan kulit dan kesehatan mata.

3) Kandungan asam sitrat; terdapat dalam air perasan jeruk nipis,lemon, sirsak, dan jeruk manis keprok kandungan asam sitrat memiliki sifat tonik untuk membantu menjaga kesehatan liver manusia.

4) Kandungan omega 3; omega 3 juga memainkan peran sebagai salah satu anti oksidan terbaik dalam tubuh. Kandungan ini banyak terdapat dalam alpukat dan kacang-kacangan seperti kacang mente, kacang almon, kacang kenari serta banyak pula ditemukan dalam minyak zaitun.

Berikut ini adalah kategori jus buah dan sayur berdasarkan manfaatnya, yaitu:

1) Detoksifikasi; yaitu untuk membuang dan membersihkan zat-zat racun dari dalam tubuh. Manfaat ini terdapat dalam jus wortel, jus selada, dan jus seledri. Selain itu, paling tinggi ditemukan dalam gandum muda.

2) Menurunkan berat badan dan menangani obesitas; manfaat ini dapat ditemukan dalam jus wortel, jus bayam, jus selada, jus kol, jus tomat, jus pepaya, jus nenas, jus cherry, jus jeruk, anggur, dan lemon.

3) Mengobati jerawat; manfaat ini ditemukan dalam jus ketimun, jus pepaya, limau, dan jus pir.

4) Mengobati diabetes; terdapat dalam jus pare.

5) Obat penyakit asma; didapatkan dalam jus seledri, buah bit, wortel, buah persik, nenas, lemon, dan buah apricot. 

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments