Informasi Penting

Iklan

Manfaat Okra untuk Penderita Diabetes

SALURANINFORMASI.COM Pernahkan Anda mendengar sayuran bernama Okra? Sayuran berwarna hijau ini biasanya tumbuh di daerah subtropis dan tropis. Sayur Okra memang tidak terkenal seperti sayur lain misalnya bayam atau kangkung, namun ada khasiat yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan. Manfaat Okra yang paling populer adalah untuk penderita diabetes. Banyak orang menganggap bahwa Okra adalah obat alami yang harus dikonsumsi oleh penderita penyakit akibat kadar gula darah tinggi ini. Lebih lengkapnya, berikut berbagai manfaat sayur Okra:

Manfaat Okra untuk Penderita Diabetes
Menurunkan Kada Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi menjadi penyebab utama munculnya penyakit diabetes. Oleh sebab itu, penderitanya harus mengontrol kadar gula darah sehingga bisa normal kembali. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, Okra terbukti mampu menurunkan gula darah. Namun penelitian tersebut dilakukan pada tikus pengidap diabetes sehingga perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui manfaat pasti pada manusia.

Menurunkan Stress

Stress bisa menyebabkan kondisi tubuh penderita diabetes menjadi semakin buruk sehingga kadar gula darah meningkat. Agar kadar gula darah tidak meningkat, maka penderita harus selalu mengontrol stress. Manfaat Okra disebut bisa membantu menurunkan stress sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal tersebut lantaran sayuran ini memiliki efek anti-stress dan antioksidan yang tinggi.

Mengandung Banyak Serat

Layaknya sayuran hijau lain, sayur Okra juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Setiap 100 gram sayur Okra terdapat sekitar 3,6 gram serat. Makanan dengan kandungan serat yang tinggi memang sangat dianjurkan untuk penderita diabetes. Pasalnya kandungan serat tersebut dapat memperlambat proses pembentukan gula sehingga kadar gula darah lebih terkontrol.

Sebuah studi menyatakan jika konsumsi serat bisa mencegah peningkatan gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Bukan hanya itu saja, makanan berserat tinggi bisa menurunkan risiko penyakit ginjal kronis dan kardiovaskular pada penderita diabetes.

Menurunkan Kolesterol

Selain kadar gula darah yang tinggi, penderita diabetes biasanya juga memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi di dalam sayur Okra ternyata berperan baik dalam menurunkan kadar kolesterol penderita diabetes. Jika kadar kolesterol normal, maka penderita diabetes juga bisa terhindar dari penyakit lain, terutama penyakit jantung.

Mencegah Kelelahan

Olahraga merupakan aktivitas penting yang membantu mencegah dan mengobati diabetes. Jika mudah lelah maka akan sulit menjalankan aktivitas ini. Sayur Okra memiliki sifat anti-kelelahan sehingga membuat penderita diabetes tidak mudah kelelahan saat melakukan olahraga.

Itulah manfaat Okra sehingga bisa menjadi obat alami bagi penderita diabetes. Konsumsi Okra ini harus dibarengi dengan pola makan sehat. Hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi serta perbanyak makan buah dan sayur. Namun ingat bahwa Okra bukan satu-satunya obat diabetes. Jadi sebaiknya diskusikan dengan dokter apabila Anda ingin menggunakan Okra sebagai salah satu makanan di menu diet penderita diabetes.

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments