Informasi Penting

Iklan

Obat Maag Alami yang Mudah Ditemukan

Maag merupakan gangguan lambung yang umum terjadi pada seseorang. Gangguan kesehatan ini biasanya terjadi akibat aktivitas padat sehingga jadwal makan menjadi berantakan. Selain itu, maag juga bisa disebabkan oleh makanan berlemak, pedas, dan makanan yang bersifat asam. Anda bisa mengatasi penyakit maag dengan memperbaiki pola makan dan mengonsumsi obat alami. Ada beberapa obat maag alami yang aman digunakan dan mudah ditemukan. Langsung saja, berikut ini adalah obat-obat tersebut:

Obat Maag Alami yang Mudah Ditemukan

Kunyit

Kunyit merupakan tanaman obat keluarga yang paling populer untuk penyakit lambung seperti maag. Tanaman ini mengandung polifenol yang dikenal dengan sifat anti-inflamasi atau anti-peradangan. Berdasarkan penelitian secara internasional, kunyit bisa mencegah peradangan akibat GERD atau gangguan lambung. Anda bisa membuat ekstrak kunyit dengan cara merebusnya hingga mendidih. Minum saat masih hangat agar gejala maag reda.

Madu

Obat maag alami selanjutnya yaitu madu. Madu adalah pemanis alami yang memiliki banyak khasiat. Sifat anti-oksidan yang dimiliki mampu membantu mengatasi masalah lambung, termasuk maag. Madu bekerja dengan melapisi dinding esofagus (kerongkongan) dan lambung, mengurangi peradangan, dan memperbaiki fungsi cincin esofagus.

Daun Mint

Daun mint sudah dikenal sejak dulu berguna untuk mengatasi gangguan pencernaan. Banyak obat alami yang menggunakan daun mint untuk mengatasi perut kembung, maag, ataupun mual-mual. Manfaat daun mint yaitu membuat otot perut menjadi rileks sehingga mendorong gas di lambung keluar.

Daun Kemangi

Daun kemangi dikenal dengan aroma dan rasanya yang khas. Daun yang biasa digunakan untuk lalapan ini juga bisa mengobati masalah maag. Manfaat daun kemangi yaitu sebagai anti-bakteri dan anti-peradangan sehingga bisa meredakan kejang yang terjadi di saluran usus. Selain menjadikannya sebagai lalapan, Anda bisa mengonsumsi daun kemangi dengan cara dijadikan teh.

Lidah Buaya

Dikenal sebagai tanaman sejuta manfaat, lidah buaya ternyata juga bisa menjadi obat alami bagi penderita maag. Gel lidah buaya memiliki sifat anti-peradangan. Selain itu, gel tersebut juga mengandung vitamin, asam amino, hingga mineral. Karena kandungannya tersebut, lidah buaya diyakini bisa membantu mengatasi maag. Biasanya gel lidah buaya dikonsumsi dengan dijadikan jus.

Akar Manis

Akar manis bisa membantu meredakan gejala maag maupun radang lambung karena memiliki kandungan licorice. Namun tubuh setiap orang memberikan reaksi yang berbeda-beda pada penggunaan akar manis sebagai obat alami. Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan penggunaannya dengan dokter terlebih dahulu.

Jahe Merah

Sama dengan kunyit, jahe merah juga menjadi obat herbal yang populer dan sering digunakan. Jahe merah memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi dan bersifat gastroprotektif. Sifat gastroprotektif yaitu mampu menekan bakteri penyebab asam lambung naik.

Itulah beberapa obat maag alami yang mudah ditemukan serta aman dikonsumsi. Anda harus rutin mengonsumsi obat tersebut agar maag segera membaik. Apabila maag tidak kunjung membaik, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan obat sesuai resep.

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments