Informasi Penting

Iklan

Rahasia Sehat Suku Ikaria Yunani di Eropa

SALURANINFORMASI.COM - Suku Ikaria adalah sebuah suku yang tinggal di pedalaman Yunani benua Eropa, sebagai masyarakat yang tinggal di daerah dengan setting alam berupa pegunungan asri yang jauh dari peradaban modern, suku yang satu ini memiliki berbagai rahasia sehat yang menarik untuk dibahas. Beberapa waktu yang lalu, Lembaga Riset Nasional Yunani melakukan riset terhadap gaya hidup dan fakta seputar kesehatan yang dimiliki oleh masyarakat suku Ikaria ini, hasilnya adalah sebagai berikut:

Rahasia Sehat Suku Ikaria

Tidak kurang dari sepertiga total jumlah penduduk suku Ikaria berusia mencapai 90 tahun dan bahkan ada yang lebih dari itu.

Suku Ikaria memiliki jumlah total lansia (lanjut usia) dengan usia 90 tahun sepuluh kali lebih tinggi dibandingkan dengan seluruh daerah Eropa lainnya.

Memiliki kasus kanker 20% lebih kecil di bandingkan daerah Eropa lainnya.

Mempunyai 50% lebih kecil kasus penyakit jantung dari daerah lainnya

Dinyatakan sebagai daerah dengan kasus diabetes 90% lebih kecil dari wilayah Eropa lainnya.

Mungkin sobat semua akan bertanya-tanya, bagaimana pola hidup yang dilakukan oleh suku Ikaria, hingga mereka mampu hidup sehat di tengah peradaban modern Eropa? bahkan memiliki tingkat kesehatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah Eropa lainnya? berikut ini penjelasannya:

1. Rutin Mengkonsumsi Susu Kambing

Salah satu kebiasaan yang dimiliki oleh suku Ikaria adalah rutin minum susu kambing beberapa kali seminggu, dalam kehidupan mereka sehari-hari. Susu kambing memiliki kandungan anti depresan alami  yang sangat tinggi, senyawa anti bakteri yang besar, serta mengandung pula hormone tryptophan yang menjadi anti depresan alami, menstimulasi rasa tenteram di hati, serta mampu menurunkan tekanan darah bagi penderita hypertensi.

Jika sobat juga menginginkan susu kambing untuk dikonsumsi, maka sobat dapat menemukannya di produsen penghasil susu kambing, atau jika tidak ada di daerah sekitar sobat, sobat dapat pula membeli susu kambing kemasan yang saat ini banyak dijual di pasaran.

2. Lingkungan yang alami, lestari, dan terjaga dari polusi

Daerah pegunungan merupakan daerah yang sangat tinggi oksigen murninya, hal ini karena masih lestarinya alam dan hutan, serta masih jauh dari jangkauan polusi radikal bebas yang bersumber dari  asap kendaraan dan pabrik. Udara segar seperti ini memberikan kontribusi yang sangat tinggi bagi kesehatan dan kesegaran tubuh.

Ini adalah pelajaran bagi kita semua, bahwa menjaga kelestarian alam seputar pemukiman penduduk mampu memberikan kontribusi yang besar bagi kesehatan dan kebugaran pendudukdaerah tersebut.

3. Rutin mengkonsumsi sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan

Penduduk Ikaria memiliki menu makanan yang sangat unik, enak, dan tentunya di dominasi oleh bahan-bahan makanan alami segar. Menu makanan yang mereka buat dalam setiap waktu makan selalu menyajikan kentang, kacang, ikan, minyak zaitun, buah-buahan, syuran hijau alami, dan juga biji-bijian. Penduduk Ikaria sangat sedikit sekali mengkonsumsi daging atu pun gula. Selain itu, sayuran yang menjadi lauk dalam keseharian mereka didominasi oleh sayuran tinggi serat dan nutrisi, serta memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan teh hijau.

Menurut penelitian, daerah yang dihuni oleh masyarakat suku Ikaria memilki 150 macam sayuran hijau, yang biasanya disajikan sebagai salad segar bersama buah-buahan lainnya. Penelitian lain menyebutkan bahwa suku Ikaria adalah suku dengan jumlah konsumsi minyak zaitun terbesar dibandingkan dengan pemduduk dunia lainnya.

4. Melakukan aktivitas fisik secara rutin

Daerah yang dihuni oleh suku Ikaria adalah daerah yang didominasi oleh daerah perbukitan dengan relief yang sangat kasar. Hal ini menjadikan mereka selalu melakukan aktivitas fisik sehari-hari yang cukup disebut sebagai olahraga ringan, meski hanya sekedar berjalan ke tempat kerja atau ke desa tetangga.

5. Rutin mengkonsumsi teh herbal

Penduduk suku Ikaria mempunyai kebiasaan meminum teh herbal yang berasal dari tumbuhan mint liar, ditambah dengan tumbuhan chamomile. Teh herbal ini mengandung formula lalmi yang sangat berguna untuk menormalkan tekanan darah, mengurangi resiko demensia, dan juga menurunkan resiko serangan jantung.

6. Memastikan bahwa tubuh beristirahat dengan cukup

Salah satu kebiasaan yang dimiliki oleh suku Ikaria adalah istirahat sore hari secara rutin dan teratur dengan menutup semua toko dan tempat usaha. Kebiasaan ini berlangsung setiap harinya, yang menyebabkan jalanan derah kediaman mereka menjadi sepi seperti tidak berpenghuni. Mereka akan beraktivitas kembali pada malam hari, yaitu setelah matahari terbenam. Menurut penelitian, aktivitas tidur pada waktu sore hari yang dilakukan minimal 4 kali seminggu dengan durasi waktu minimal 30 menit, sangat ampuh untuk mengurangi resiko terkena serangan penyakit jantung, selain juga dapat membantu tubuh segar kembali setelah beraktivitas seharian.

7. Menghindari stress

Penduduk Ikaria selalu beraktivitas dengan santai dan jauh dari kata stres, mereka beraktivitas di perkebunan dan toko keluarga dengan jadwal yang diatur oleh mereka sendiri. Hal ini membuat mereka bekerja setiap hari dengan santai dan jauh dari kata stres. Hal ini ternyata kemudian memberikan kontribus yang sangat besar bagi tingkat kesehatan yang mereka miliki.

 

  

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments