Informasi Penting

Iklan

Tanaman Obat yang Mudah Ditanam di Rumah

SALURANINFORMASI.COM - Tanaman obat yang ditanam sendiri di rumah memberikan banyak manfaat untuk keluarga Anda. Pasalnya Anda tidak perlu kesulitan mencari obat alami ketika ada anggota keluarga yang sakit. Ada beberapa tanaman yang bisa Anda coba tanam sendiri langsung di tanah, menggunakan pot, ataupun menggunakan metode hidroponik. Adapun beberapa tanaman tersebut di antaranya yaitu:
Tanaman Obat yang Mudah Ditanam

Jahe

Jahe dikenal memiliki manfaat untuk mengobati penyakit rematik, mengobati rasa mual, serta meredakan nyeri. Anda bisa menanam tanaman jahe di pot dengan media tanah. Agar tumbuh subur, Anda bisa menggunakan anti jamur dan pupuk kandang.

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai tanaman serbaguna yang bermanfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Beberapa orang menggunakan lidah buaya untuk menenangkan kulit terbakar matahari dan menyembuhkan luka. Lidah buaya sangat mudah untuk ditanam karena bisa tumbuh baik di dalam pot.

Ketumbar

Tanaman obat yang bisa ditanam di rumah selanjutnya adalah ketumbar. Manfaat ketumbar yaitu ada pada bijinya. Air rendaman biji ketumbar diyakini bisa mencegah kanker payudara dan prostat. Anda bisa menanam ketumbar dengan cara menyebar bijinya di lahan yang memiliki drainase dan sinar matahari yang baik.

Kemangi

Daun yang biasa digunakan sebagai lalapan ini bisa mengurangi stress dan mencegah penuaan dini. Keunggulan kemangi yaitu bisa ditanam di luar ruangan dan dalam ruangan. Ketika sudah mencapai tinggi 20 cm, Anda sudah bisa memanen daun kemangi.

Kumis Kucing

Kumis kucing dikenal menjadi obat asam urat yang manjur. Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai obat diabetes, infeksi saluran kemih, dan kencing batu. Biasanya kumis kucing bisa tumbuh pada daerah yang memiliki iklim tropis.

Daun Sirih

Manfaat yang diberikan oleh tanaman rambat ini yaitu seperti mengatasi ruam, memar, serta mengurangi sakit akibat luka. Proses pertumbuhan daun sirih sangat mudah dan cepat tanpa perlu perawatan khusus.

Itulah beberapa tanaman obat yang bisa Anda tanam sendiri di rumah. Perawatan yang mudah juga merupakan kelebihan dari tanaman-tanaman di atas. Anda tidak perlu memberikan perawatan khusus agar tanaman tetap hidup. Menanam tanaman untuk obat di rumah merupakan salah satu bentuk kepedulian Anda terhadap kesehatan keluarga.

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments