Informasi Penting

Iklan

Tips Atur Pola Makan Agar Maag Tidak Kambuh

SALURANINFORMASI.COM Maag yang kambuh menyebabkan rasa sakit dan perih pada bagian perut. Tidak sedikit orang yang memilih untuk bed rest atau beristirahat total ketika maag menyerang. Pasalnya rasa sakit akibat maag membuat penderitanya tidak bisa melakukan aktivitas apapun sebelum sembuh. Biasanya maag diatasi dengan mengonsumsi obat yang mengandung antasida. Akan tetapi obat tersebut tidak sepenuhnya menyembuhkan maag namun hanya meredakan gejalanya saja.

Tips Atur Pola Makan Agar Maag Tidak Kambuh

Cara terbaik untuk menghindari maag yang kambuh adalah dengan mengatur pola makan. Pasalnya kebanyakan maag disebabkan oleh luka terbuka di lapisan lambung akibat pola makan yang buruk. Langsung saja, berikut ini tips atur pola makan agar maag tidak lagi kambuh:

Makan Dalam Porsi Kecil Namun Sering

Penderita maag dianjurkan untuk tidak makan dalam jumlah yang besar sekaligus. Sebaliknya, Anda disarankan untuk makan dalam porsi kecil akan tetapi sering, misalnya 5-6 kali dalam sehari. Asam lambung diproduksi saat makan, ketika makan dalam porsi besar maka tubuh menghasilkan dalam jumlah besar pula. Jika asam lambung terlalu banyak maka lambung rentan mengalami iritasi.

Hindari Makan Sebelum Tidur

Anda tidak boleh langsung tidur atau berbaring setelah makan. Paling tidak Anda harus memberikan jeda selama kurang lebih 3 jam sebelum tidur. Terlalu cepat tidur setelah makan bisa meningkatkan asam lambung di tubuh. Selain itu, usahakan untuk tegak setelah makan agar bisa mencegah refluks asam.

Konsumsi Makanan Sehat

Tips atur pola makan untuk penderita maag selanjutnya yaitu mengonsumsi makanan sehat. Penderita maag tidak boleh sembarangan memilih makanan karena ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan risiko maag kambuh. Namun ada juga makanan yang baik untuk lambung seperti brokoli, asparagus, seledri, wortel, kentang, oatmeal, roti, nasi, ikan, putih telur, dan buah.

Hindari Makanan yang Membuat Lambung Iritasi

Beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita maag adalah makanan yang bisa memicu iritasi pada lambung. Adapun makanan-makanan tersebut yaitu kafein, minuman bersoda, susu, daging berlemak, makanan berlemak tinggi, makanan pedas, cokelat, dan makanan asin.

Minum Air Putih yang Banyak

Air putih memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan organ dalam. Salah satu manfaat terpenting dari air putih yaitu membantu organ agar bisa bekerja secara optimal. Penderita maag setidaknya harus mengonsumsi air putih sebanyak 1-3 gelas saat bangun tidur, sebelum tidur, dan sebelum makan.

Ubah Cara Masak

Pengolahan makanan yang Anda konsumsi ternyata juga menjadi salah satu pemicu maag kambuh. Makanan yang dimasak dengan cara digoreng cenderung sulit dicerna sehingga tertinggal lama di lambung. Sebaiknya pilih cara masak yang lebih aman seperti direbus, dikukus, atau dipanggang.

Itulah tips atur pola makan yang bisa membantu Anda menghindari penyakit maag kambuh. Jika melakukan tips-tips di atas dengan baik maka penyakit maag tidak akan datang lagi. Semoga informasi di atas membantu Anda mencegah maag kambuh.

Baca Juga:
Previous
« Prev Post
Show comments