Follow us on Blogger or Google News

Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik

Berikut ini 7 Cara Mengelola Keuangan dengan Baik

Anda tidak memerlukan pekerjaan dengan gaji lebih tinggi atau rejeki nomplok dari kerabat untuk meningkatkan keuangan pribadi Anda. Namun, yang Anda butuhkan adalah bagaimana Cara Mengelola Keuangan Anda untuk masa depan Anda juga.

Cara Mengelola Keuangan Anda Dengan Baik
Cara Mengelola Keuangan Anda Dengan Baik

Pengelolaan uang yang lebih baik adalah jalan yang diperlukan untuk mengurangi pengeluaran Anda, meningkatkan kemampuan Anda untuk berinvestasi dan menabung, serta mencapai tujuan keuangan yang sebelumnya tampak mustahil.

Berikut ini 7 Cara Mengelola Keuangan dengan Baik

1. Pahami Situasi Keuangan Anda Saat Ini

Sebelum Anda dapat mulai mengelola uang Anda dengan lebih baik, Anda perlu mengetahui situasi Anda saat ini. Anda harus tahu ke mana uang Anda pergi. Langkah paling mendasar untuk memahami situasi keuangan Anda saat ini adalah mencatat semua pendapatan dan pengeluaran rutin bulanan Anda.

2. Tetapkan Prioritas Pribadi dan Tujuan Keuangan

Setelah Anda menjelaskan situasi keuangan Anda saat ini, saatnya untuk menentukan apakah itu sejalan dengan nilai-nilai Anda. Dan menentukan apa yang ingin Anda capai dengan uang Anda dapat membuat proses pembuatan anggaran yang layak jauh lebih mudah.

Misalnya, jika menghabiskan akhir pekan bersama keluarga adalah prioritas, membayar layanan tata graha dapat membebaskan waktu yang berharga dan penggunaan uang yang cerdas. Namun, mungkin tidak masuk akal jika perjalanan menjadi prioritas yang lebih besar.

3. Buat dan Patuhi Anggaran

Menulis anggaran yang menentukan bagaimana penghasilan Anda akan dibelanjakan setiap bulan bisa jadi mudah. Namun, dengan mengikutinya seringkali merupakan tantangan. 

Orang lain mungkin tidak mempunyai disiplin diri untuk membatasi pembelian impulsif, atau mereka mungkin merasa terlalu dibatasi karena harus merencanakan pengeluarannya terlebih dahulu.

4. Membentuk Dana Darurat

Cara mengelola keuangan dengan membuat dana ini adalah dengan memasukkan penghematan dalam anggaran Anda. Berapa banyak Anda menabung tergantung pada berapa banyak uang tambahan yang Anda miliki,

tetapi aturan umum adalah menabung 10% dari pendapatan Anda untuk tabungan darurat setiap bulan dengan tujuan mencapai jumlah yang sama dengan sekitar tiga sampai enam bulan dari pengeluaran biasa Anda.

5. Simpan untuk Pensiun

Pada titik tertentu, Anda mungkin ingin pensiun, dan itu akan sulit dilakukan tanpa dana pensiun. Tunjangan Jaminan Sosial hanya menggantikan sekitar 40% penghasilan Anda, dan banyak pemberi kerja tidak lagi menawarkan pensiun.

Program pensiun di tempat kerja dapat menjadi tempat yang baik untuk menabung untuk masa pensiun, karena kontribusi secara otomatis dipotong dari gaji. Selain itu, banyak pemberi kerja akan mencocokkan sebagian dari kontribusi pekerja mereka, yang selanjutnya meningkatkan tabungan pensiun.

6. Lunasi Utang

Memiliki hutang dapat menghalangi pencapaian tujuan keuangan tetapi melunasinya bisa menjadi tantangan. Karena sebagian besar hutang menimbulkan bunga, menjadi bebas hutang bisa menjadi proses yang panjang jika Anda hanya melakukan pembayaran minimum. 

Salah satu strategi untuk mempercepat pembayaran melibatkan pemusatan uang ekstra pada satu utang. Setelah itu lunas, gulung pembayarannya ke hutang lain dan lanjutkan prosesnya sampai semua hutang hilang.

7. Jadwalkan Laporan Kemajuan Reguler

Mengelola uang Anda adalah proses yang berkelanjutan. Ini membantu untuk menjadwalkan waktu reguler sepanjang tahun untuk mengevaluasi situasi keuangan Anda, termasuk pendapatan, pengeluaran, tabungan, dan kekayaan bersih Anda.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan situasi yang lebih baik untuk diri Anda sendiri. Setelah membaca artikel Cara Mengelola Keuangan ini, diharapkan Anda dapat menggunakan keuangan Anda dengan sebaik mungkin untuk membuat masa depan Anda lebih baik.

Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik

Posting Komentar

Cara Mengelola Keuangan Dengan Baik

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.

Komentar Terbaru