Follow us on Blogger or Google News

Tips Menurunkan Biaya Operasional UMKM

Berikut 8 Cara Menurunkan Biaya Operasional

Jika Anda ingin meningkatkan profitabilitas bisnis skala Kecil atau Menengah dan ingin melakukannya dengan sangat cepat, solusi alaminya adalah dengan menurunkan biaya operasional. Pertanyaan yang jelas adalah bagaimana menurunkan biaya operasional.

Tips Menurunkan Biaya Operasional Untuk UKM
Tips Menurunkan Biaya Operasional Untuk UKM

Kami mencoba menjawab pertanyaan ini. Pengurangan biaya harus dilakukan secara strategis sehingga tidak mempengaruhi kemampuan perusahaan Anda untuk menghasilkan pendapatan.

Berikut 8 Cara Menurunkan Biaya Operasional 

1. Pengoperasian

Ketika Anda dengan hati-hati membuat daftar biaya operasi Anda, Anda akan dapat melihat semua biaya yang ditanggung oleh bisnis Anda. Sejumlah kecil biaya operasi akan jatuh ke dalam ember yang sama sekali tidak perlu. 

Biaya operasional tersebut cukup sering jatuh di bawah ambang batas yang menjadi perhatian pemilik UKM. Satukan semua kebocoran uang tunai kecil itu dan keluarkan dari kesengsaraan Anda untuk selamanya.

2. Bernegosiasi

Jika Anda berhasil memangkas bahkan 1% dari pengeluaran bulanan terbesar, itu dapat melakukan keajaiban untuk keuntungan Anda. Jika Anda memanfaatkan status pelanggan lama Anda dengan beberapa penyedia lain, itu dapat membawa Anda ke diskon yang cukup besar.

3. Pekerjakan Pekerja Lepas Untuk Melakukan Pekerjaan Yang Bukan Inti Dari Bisnis

Anda mungkin tahu bahwa penghematan Anda dapat melampaui fakta sederhana bahwa Anda tidak perlu membayar pajak gaji atau memberikan tunjangan kepada kontraktor independen. 

4. Ubah Perilaku Belanja Karyawan Anda

Kas sering juga cenderung bocor dari biaya operasi SMB dengan cara yang tampaknya tidak relevan, biasanya karena pengeluaran yang boros atau aktivitas yang tergesa-gesa. Masalahnya biasanya dimulai dengan perilaku.

5. Mengurangi Biaya Infrastruktur

Untuk menurunkan biaya operasional Anda dapat mengurangi biaya infrastruktur sekaligus menyibukkan karyawan Anda dengan pengelolaan operasi sehari-hari. Tentu, ini langkah yang brilian tetapi Anda mungkin tidak yakin bisa melakukannya.

6. Batalkan Layanan Yang Tidak Digunakan

Anda mungkin berpikir bahwa ini adalah no-brainer, tetapi layanan yang tidak terpakai dapat dengan mudah terus ditarik dari rekening bank Anda atau ditagih dari kartu kredit Anda jika Anda lupa bahwa layanan tersebut dibiarkan dengan pembayaran otomatis. 

7. Gunakan Program Perangkat Lunak Tagihan Dan Pembayaran Online

Menerapkan program perangkat lunak tagihan dan pembayaran online dapat menghilangkan dokumen dan menghemat sekitar 50% waktu pembayaran dan persetujuan tagihan.

Jadi, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan layanan pembayaran tagihan online dan menyiapkan akun online aman yang memungkinkan Anda membayar semua tagihan dari satu tempat. 

Dengan cara ini Anda dapat menghemat waktu, ditambah pembayaran otomatis akan membantu Anda menghindari pembayaran yang terlambat. Banyak bank menawarkan semacam fitur pembayaran tagihan melalui situs web mereka.

8. Persediaan Dan Strategi Untuk Mengurangi Biaya

Banyak UKM sedang mencari cara untuk mengurangi biaya dan cukup sering mengabaikan efek persediaan yang ada di gudang dan biaya penyimpanan persediaan terhadap keuangan mereka. Biasanya, biaya persediaan dapat mencapai persentase yang serius dari dana perusahaan tetapi itu tergantung pada industrinya.

Biaya penyimpanan inventaris meliputi pajak, biaya modal (Anda memerlukannya untuk membiayai pembelian inventaris), asuransi, gudang, tenaga kerja dan staf administrasi untuk mengoperasikan gudang, penanganan material, dan peralatan, utilitas, dll. 

Menurunkan biaya operasional untuk bisnis kecil hingga menengah Anda mungkin sulit, tetapi bukan tidak mungkin. Mungkin perlu waktu bagi Anda untuk membiasakan diri bekerja dalam anggaran yang ramping, tetapi Anda akan merasa nyaman dengan hal itu ketika Anda menyadari betapa pentingnya langkah tersebut bagi bisnis Anda.

Tips Menurunkan Biaya Operasional UMKM

Posting Komentar

Tips Menurunkan Biaya Operasional UMKM

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.

Komentar Terbaru